DepokNews–Front Pembela Islam (FPI) siap mengerahkan relawan tambahan untuk membantu penanganan korban bencana gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

Bendahara DPP FPI Habib Idrus Al Gadri kepada wartawan di kediamannya di Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas mengatakan
pihak FPI menyebut saat ini sudah ada sekitar 500 laskar yang berada di Palu.

Angka ini kemungkinan akan terus bertambah sesuai dengan instruksi langsung Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shibab. H

“Pada hari Senin (1/10) kemarin kami FPI sempat ingin mengirimkan personel tambahan. Namun karena situasi dianggap kurang kondusif, hal itu batal dilakukan”katanya.

Rencananya, jika tidak ada halangan sebanyak 300 laskar FPI Jakarta di bawah komando Habib Ali Al Hamid juga akan berangkat dalam waktu dekat. Mereka nanti bakal ikut membantu Tim SAR dan bergabung bersama warga serta TNI-Polri.

“Untuk yang Jakarta kita sedang rapat, Insya Allah hari ini berangkat. Pada dasarnya FPI selalu siap. Ini bicara kemanusiaan, kita harus turun,” katanya.

Habib Rizieq Shihab. “Intinya Imam Besar ingin FPI all out, bantu saudara-saudara yang ada di lokasi musibah gempa dan tsunami Sulteng.

Dia menambahkan pihaknya mendapat dukungan dari sejumlah donatur.

“Kalau soal biaya kita enggak usah khawatir, Insya Allah banyak yang dukung kita,” ujarnya.

Idrus menambahkan, selain kebutuhan logistik, hal yang tak kalah penting yang harus disiapkan untuk para korban terdampak gempa adalah obat-obatan.