Lansia Miliki Andil Besar Dalam Pembangunan Depok

DepokNews- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, terus mengingatkan masyarakat untuk memberikan perhatian khusus kepada lansia agar terus berativitas. Hal tersebut terkait pertumbuhan dan proporsi penduduk lansia yang semakin meningkat, harus dibarengi dengan dioptimalkannya pelayanan sosial.
Kepala Seksi Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok Nur Impita, mengatakan keberadaan lansia harus terus perhatikan. Pasalnya, lansia juga memiliki andil besar dalam meningkatkan pembangunan di Kota Depok.

“Meskipun sudah usia lanjut, lansia dapat terus produktif tentunya dengan dukungan dari kita sebagai orang-orang terdekat mereka,” tuturnya.

Dikatakan Nur Impita, ada sejumlah pelayanan sosial yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengoptimalkan peran lansia. Diantaranya memberikan penekanan prinsip kepada lansia dengan memberikan stigma lanjut usia dapat terus berguna, tidak mengucilkan keberadaan lansia, menghindari sikap sensitif. Selanjutnya, pemenuhan kebutuhan secara tepat, serta tidak membesarkan masalah dan menghindari sikap belas kasih.

Kemudian, sambungnya, melakukan pelayanan sosial yang terdiri dari pelayanan yang cepat dan tepat, pelayanan yang bermutu yaitu pelayanan yang memberikan kepuasan bagi lansia. Lalu, pelayanan yang efektif dan efisien dengan pelayanan prinsip tepat guna dan tepat sasaran.

“Ada juga pelayanan yang akuntabel harus dipertanggung jawabkan kepada masyarkat. Terakhir, pelayanan yang komperhesif alat bantu keterampilan mobilitas mandiri dan akses kesumber yang luas,” tandas Nur.(mia)