Lansia Depok Diberdayakan Untuk Menjadi Produktif

Posted on

DepokNews- Kepala Dinas Sosial Kania Purwanti menjelaskan jika lansia di Depok terbagi dua kategori, yakni lansia sejahtera dan tidak sejahtera. Dinsos Depok lebih concern pada lansia tidak sejahtera, dengan memberikan bekal pelatihan agar berguna untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Kemudian, ada lansia produktif sejahtera dan ada lansia produktif tidak sejahtera. Peran pemerintah adalah meningkatkan kondisi mereka menjadi sejahtera, seperti pembekalan pelatihan membuat produk dari daur ulang yang kemudian bisa dijual. Sedangkan lansia produktif sejahtera, akan lebih memudahkan karena bisa hanya dilantau oleh pemerintah tanpa harus jemput bola.

“Kalau produktif jika ada acara mereka bisa datang sendiri. Beda dengan non produktif kami yang jemput bola ke mereka. Tugas kami adalah mempertahankan produktifitas mereka agar dapat selalu bahagia, dan tidak bosan dirumah karena sudah lansia,” jelas Kania.

Saat ini, lanjut Kania, Dinsos sedang melakukan pendataan dan pemetaan dengan turun langsung kebawah. Guna mendata lansia tidak produktif dan non sejahtera.

“Nanti mereka bisa di cek kesehatan oleh Dinkes. Mereka juga akan di cek KIS-Nya karena karena penerima bantuan,” ungkap Kania.(mia)