Proses verivikasi faktual (Istimewa)

Lakukan Verifikasi Faktual KPUD  Datangi DPD Perindo Depok

Posted on 684 views
DepokNews- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), mendatangi kantor DPD Partai Perindo Depok. Kedatangan mereka untuk melakukan verifikasi faktual.
Tim meminta agar berkas dikumpulkan untuk kemudian diperiksa satu persatu. Mulai dai Kartu Tanda Anggota (KTA), Kartu Tanda Penduduk (KTP), domisili kantor hingga keterwakilan perempuan dalam pengurus partai.
“Agenda kami hari ini adalah verfikasi faktual terhadap kepengurusan dan kantor partai calon peserta pemilu. Kami cocokan data administrasi di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dengan data faktualnya,” kata Ketua KPUD Kota Depok Titik Nurhayati, Selasa (20/12).
Pemeriksaan dilakukan sekitar satu jam. Dari hasil verifikasi, DPD Perindo Kota Depok dinyatakan memenuhi syarat. Dari beberapa hal yang dilakukan hari ini, secara kuantitas memenuhi syarat hanya ada beberapa saja yang harus diperbaiki karena nomor KTP diisi nomor KTA. Mungkin karena pendokumentasian dan pengadministrasiannya dalam SIPOL terbalik.
“Tapi secara prinsip dan faktual syaratnya ada dan cocok,” tukasnya.
Tidak hanya administrasi, KPUD dan Panwaslu juga mengecek keterwakilan perempuan dalam pengurus Perindo Depok. “Setelah kami cek, ternyata pengurus partai dari kaum perempuan ada 40 persen. Ini bagus,” paparnya.
Ketua DPD Perindo Kota Depok, Anwar Nurdin mengatakan, data administrasi yang keliru akan segera diperbaiki sehingga tidak harus menunggu batas waktu verifikasi parpol hingga 4Januari 2018 mendatang.
“Secara keseluruhan sudah memenuhi syarat. Data yang belum, tinggal upload lagi saja ke Sipol. Kami sudah laporkan ke Wakil Sekjen DPP tinggal mengubahnya saja. Besok langsung diubah. Itu hal mudah, tinggal upload dan ubah tidak perlu menunggu 4 Januari,” katanya.
Menurutnya sambil menunggu hasil verifikasi faktual oleh KPU RI pada Februari 2018 mendatang, Perindo Depok masih akan terus menghadirkan program-program sosial kemasyarakatan, seperti bagi-bagi sembako gratis, program UMKM dan lain sebagainya.(mia)