DepokNews–Mahasiwa Program S3 Universitas Gunadarma, Tjut Awaliyah Zuraiyah berhasil meraih gelar Doktor dari Universitas Gunadarma, setelah dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dalam sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi dan Informasi di Universitas Gunadarma, Jalan Margonda Raya Depok, Senin (1/10/2018). Tjut Awaliyah, ibu dari empat orang putri tersebut berhasil lulus sebagai doktor yang pertama dari angkatannya. Hal ini menurut Tjut Awaliyah merupakan salah satu keberkahan dari tema penelitiannya yang terkait Al-Quran.

“Saya rasakan ketika kita dekat dengan Al-Quran, keberkahan akan menyertai kita. Allah SWT memberikan kemudahan, rejeki, pekerjaan, penelitian, sehingga saya bisa menyelesaikan program doktor ini tepat waktu, saya sangat bersyukur kepada Allah SWT, terharu dan bangga” kata Doktor Tjut Awaliyah terharu selepas dinyatakan lulus sebagai seorang doktor.

Doktor Tjut Awaliyah juga mempunyai keinginan agar anak-anaknya bisa menjadi Hafidzoh atau penghafal Al-Quran sehingga ia memasukan anak-anaknya di Pesantren Tahfidz Al-Quran.

Dalam sidang terbuka promosi doktor tersebut, Tjut Awaliyah mempertahankan desertasinya yang berjudul “PENGEMBANGAN METODE DAN ALGORITMA SEGMENTASI DAN EKSTRASI BENTUK TAJWID SERTA PEMBUATAN KAMUS CITRA TAJWID UNTUK PENGENALAN HUKUM TAJWID PADA ALQURAN”.

Dalam desertasinya tersebut ia juga mengutip ayat Al-Quran yang memerintahkan agar Al-Quran dibaca secara baik dan benar sesuai kadidah tajwidnya, dan menjadi salah satu latar belakang ia mengambil penelitian terkait Tajwid Al-Quran.

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلاً -٤

Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan. (Sesuaii dengan kaidah tadjidnya), (Q.S. Al-Muzzammil : 4).

Pada sidang terbuka tersebut, salah satu tim penguji yang juga sekretaris program Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, Dr. Eri Prasetyo Wibowo meminta Tjut Awaliyah melantukan ayat dalam Al-Quran, sehingga menjadikan suasana sidang terbuka menjadi relejius.

Tjut Awaliyah merupakan  Doktor Teknologi Informasi  ke-137 lulusan Universitas Gunadarma. Ia menempuh program doktor dengan Promotor Profesor Doktor Sarifuddin Madenda, Ko Promotor Doktor Ravi  A.Salim dan Doktor Rina Noviana.