DepokNews–, Ety Sutanty, mahasiswa Universitas Gunadarma dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuasakan dalam sidang terbuka promosi Doktor Teknologi dan Informasi di Universitas Gunadarma, Jalan Margonda Raya Depok Jawa Barat, Senin (1/10/2018).

Untuk meraih gelar doktor tersebut, Ety Sutanty melakukan penelitan terkait retina mata untuk identifikasi yang salah satu penggunannya untuk keperluan keamanan atau securiti.

Dalam sidang terbuka tersebut Ety Sutanty berhasil mempertahankan desertasinya yang beerjudul “PENGEMBANGAN METODE DAN ALGORITMA EKSTRASI FITUR FURKASI PEMBUKUH DARAH RETINA SEBAGAI BASIS PENGENALAN INDIVIDU”.

sebelum dinyatakan lulus, Ety Sutanty dalam sidang terbuka tersebut, ia harus menghadapi berbagai pertanyaan dan sanggahan dari tim penguji, baik penguji luar dan penguji dalam. semua pertanyaan dan sanggahan tersebut bisa dijawab dan dijelaskan oleh Ety Sutanty secara meyakinkan.

Dalam desertasinya, Ety Sutanty menjelaskan, retina pada setiap individu memiliki keunikan masing-masing yang dapat digunakan sebagai pengenalan biometrik.

“Penggunaan retina sebagai fitur ciri dalam biometrik lebih akurat dalam melakukan identifikasi, verifikasi dan autentikasi,” kata Ety Sutanty saat melalukan presentasi pada sidang tersebut.

Penelitian tersebut mendapat apresiasi dari tim penguji karena sangat bermanfaat dan berhubungan erat dengan kebutuhan masyarakat teerutama terkait dengan keamanan.

“Saya memberikan apresiasi penelitian ini karena sangat bermanfaat, semoga penelitian ini terus dikembangkan sehingga bisa diaplikasikan pada teknologi,” kata salah satu tim penguji.

Ety Sutanty menempuh program doktor di Universitas Gunadarma dengan Promotor Profesor Doktor Sarifuddin Madenda, Ko Promotor Doktor Dewi Agushinta Rahayu dan Doktor Rodiah. Ety Sutanty merupakan Doktor Teknologi Informasi ke-138 lulusan Universitas Gunadarma.