Doktor Yuti Dewita Arimbi bersama keluarga

DepokNews–Yuti Dewita Arimbi, mahasiswa program S3 di Universitas Gunadarma baru saja dinobatkan sebagai seorang Doktor IT. Ia berhak menyandang gelar doktor setelah secara meyakinkan berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul “Pengembangan Sistem Pendeteksian Batu ginjal Dan Penghitungan Luas Penampanganya Dalam Citra CT Scan”

Doktor Yuti Dewita Arimbi saat memberikan sambutan

Desertasi tersebut dipertahankan dalam sidang terbuka promosi Doktor Teknologi Informasi di Gedung J6 Universitas Gunadarma Jalan Cikunir Raya Bekasi Jawa Barat, Kamis (17/10/2019).

Penelitan Yuti Dewita Arimbi Arimbi tersebut tentang batu ginjal. Menurutnya latar belakang ia meneliti batu ginjal karena anaknya sendiri terkena gagal ginjal.
“Anak saya menderita gagal ginjal, ini yang melatarbelakangi penelitiaan saya tentang batu ginjal. Anak saya yang gagal ginjal saat ini usia 12 tahun. Sebenarnya dari lahir terdeteksi gagal ginjal tetapi tidak terkomunikasikan dengan baik ke pasien,” kata Yuti Dewita Arimbi.

Yuti Dewita Arimbi menyarankan, jika ada gejala keluhan kesehatan segera periksa ke dokter sehingga jika ada suatu penyakit yang berbahaya bisa terdeteksi sejak dini.

Dalam desertasinya yang dipresentasikan pada sidang teerbuka tersebut, Yuti Dewita Arimbi menjelaskan, teknologi akuisisi citra medis seperti CT Scan telah menjadi peralatan utama dalam dunia kedokteran. Teknologi ini mampu mengakuisisi citra organ tubuh bagian dalam sehingga sangat membantu pihak dokteer untuk melakukan analisis mendalam tentang penyakit dalam seorang pasien. salah satu penyakit dalam yang memanfaatkan teknologi CT Scan adalah bidang urologi dimana citra CT Scan yang dihasilkan disimpan dalam format DICOM yang merupakan standart intrernasioanal.

Penelitian ini mengusulkan “Pengembangan Sistem Pendeteksian Batu Ginjal dan Perhitungan Luas Penampangnya Dalam Citra CT Scan”. Sistem ini terdiri dari : metode dan algoritma deteksi dan segmentasi batu ginjal dengan menggunakan pendekatan model otomatis dan semi otomatis serta perhitungan algoritma luas area penampang batu ginjal.

Yuti Dewita Arimbi menempuh pendidikan program doktor dengan promotor Prof. Dr.dr. Johan Harian, Ko-Promotor Prof.Dr.Sarifuddin Madenda dan Dr. Lussiana ETP. Yuti Dewita Arimbi merupakan Doktor IT lulusan ke-160 dari Universitas Gunadarma