KZL Dengan Penampilan Minus? Bisa Jadi Penyebabnya Salah Satu Kebiasaan Anda

Posted on 118 views
DepokNews — Penampilan sangatlah nomor satu, salah satu bagiannya ialah wajah. Namun apabila yang terjadi jika wajah terlihat lebih lelah, bahkan sering muncul lingkaran hitam di mata. Hal itu tentu membuat Anda KZL atau kesal karena membuat penampilan Anda menjadi minus.

Ternyata, itu dikarenakan beragam faktor,lho. Selain kurang tidur, faktor penuaan dan gaya hidup jadi pemicunya. Memang kita tidak mungkin menghapus proses penuaan, tapi beberapa perubahan gaya hidup bisa memperlambat dan juga mencerahkan kulit tanpa harus menutupi lingkaran hitam itu dengan concealer.Bukan bermaksud menyalahkan orangtua, tetapi genetik memang berperan pada terbentuknya lingkaran hitam dan kantungmata.

“Orang yang kulitnya lebih gelap punya konsentrasi pigmen (melanin) lebih banyak di bawah mata, sehingga akan menyebabkan warna kulit tidak rata atau ada bayangan hitam,” kata ahli dermatologi Dr.Sonia Batra.

Tidur berperan besar pada timbulnya lingkaran hitam di sekitar mata karena pembuluh darah yang lebih terlihat di sekitar mata yang tipis.

Ternyata bukan hanya kurang tidur yang bisa menyebabkan lingkaran hitam, tapi juga kebanyakan tidur.

“Saat kita tidur, darah yang beroksigen akan berkumpul di bawah mata. Tidur dalam posisi tertentu, misalnya tengkurap, akan memperparah lingkaran hitam karena gravitasi menyebabkan lebih banyak darah berkumpul di bawah mata. Ini juga membuat kantung mata lebih terlihat,” kata Batra.

Sementara itu, kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bawah mata melebar sehingga warnanya lebih gelap.

Walau concealer cukup efektif menyamarkan lingkaran hitam, tetapi perubahan gaya hidup sebenarnya lebih berperan  pada penampilan kulit jangka panjang. Misalnya saja, minum cukup air putih akan melancarkan aliran darah.

Demikian juga dengan rutin berolahraga yang akan membuat sirkulasi darah lebih bagus sehingga darah tidak berkumpul di bawah mata. Mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin juga efektif mencegah “mata panda”.

Saat kita sedang flu, biasanya lingkaran hitam di bawah mata akan lebih terlihat. “Lingkaran hitam bisa terjadi saat kita sedang sakit, kurang tidur, atau kulit tidak punya cukup waktu untuk memperbaiki diri,” katanya.

Bukan hanya itu, obat-obatan tertentu juga bisa membuat warna kulit di bawah mata tampak lebih gelap.

Tidur dalam kondisi wajah yang bersih dari make up memang dianjurkan, tetapi cara membersihkannya juga harus tepat. Menggosok bagian kulit mata terlalu sering dan kasar bisa merusak pembuluh darah di area yang rapuh, misalnya sekitar mata. Akibatnya, lingkaran hitam lebih terlihat.