Foto: Ketua TP PKK, Bunda Elly Farida

Kurang Minat Baca Di Zaman Milenial, Bunda Elly Beri Solusi

Posted on 11 views
DepokNews — Kurangnya minat baca yang terjadi pada anak-anak di zaman milenial ini membuat para orang tua harus ikut serta dan aktif minat literasi pada anak sejak dini. Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida yan akrab dipanggil Bunda Elly  mengimbau sekaligus solusi bahwa peran orang tua sangat dibutuhkan guna mengenalkan erakan literasi demi meningkatkan minat baca. Salah satunya lewat kegiatan dongeng.

“Mengingat daya tangkap anak masih terbatas, dalam literasi orang tua bisa memanfaatkan medium dongeng dalam penyampaiannya. Melalui gerakan literasi yang menjadi bingkai besar kegiatan dalam meningkatkan minat baca anak, untuk meningkatkan hal tersebut tidak terlepas dari peran keluarga yaitu orang tua,” katanya, Rabu (04/10/17)Wanita yang sering disapa Bunda Elly ini, menjelaskan banyak manfaat dari dongeng untuk anak, misalnya guna merekatkan hubungan orang tua dengan anak dan bisa membantu mengoptimalkan perkembangan psikologis dan kecerdasan anak. Selain itu dapat mengembangkan daya imajinasi anak.

“Kita (Orang tua) menceritakan anak-anaknya tentang dongeng rakyat atau dongeng-dongeng lainnya. Selain itu bisa juga dengan dongeng yang dibuat sendiri dengan  semenarik mungkin untuk memberikan inspirasi kepada anak,” papar Elly.

Melalui  gerakan literasi lewat dongeng ini akan menimbulkan hal positif. Seperti halnya akan  terjalin kedekatan antara orang tua dengan anak. Menurutnya, dongeng juga dapat membangun pengetahuan anak lebih luas lagi, meskipun dengan cara yang santai.

“Melalui membacakan cerita-cerita dongeng yang mendidik, maka anak akan dengan mudah menyerap nilai positif yang akan menjadikan mereka mudah berempati dengan orang lain,” tandasnya.