DepokNews – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kampus Universitas Indonesia (UI), di Depok, Jawa Barat.

Tujuan peninjauan adalah melihat dari dekat pelaksanaan vaksinasi di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI). Hal ini berkaitan dengan Serbuan Vaksinasi yang dilakukan antara TNI, Polri, dan masyarakat, guna mempercepat penanganan Covid-19.

Selama ini, RSUI sudah menjalin kerja sama yang baik dengan beberapa mitra, antara lain Kemenkes, XL Axiata, dan Benihbaik.com.

Dalam kunjungan ke RSUI tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D, Direktur Utama RSUI dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K). MPH, dan Wali Kota Depok Mohammad Idris.

“Pagi hari ini, saya meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di RSUI di Kota Depok, yang ditujukan kepada para pendidik, lansia, dan pelayan publik. Diharapkan pelaksanaan vaksinasi ini juga dilaksanakan di daerah/provinsi lain, bergerak secara cepat. Menurut Menteri Kesehatan, selain disini hari ini juga dilaksanakan vaksinasi massal di Bandung dan Tangerang yang jumlahnya cukup banyak. Kita berharap pada bulan Juni, target vaksinasi per hari 700.000 benar-benar tercapai. Sehingga di bulan Juli 2021 kita sudah masuk pada target vaksinasi per hari 1.000.000,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut dr. Astuti Giantini, sejak dibukanya Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI pada Maret 2021, sampai sekarang tercatat hampir 39.000 orang sudah divaksin, terdiri dari kelompok prioritas, seperti tenaga kesehatan, tenaga pendidik, warga lanjut usia, dan pelayan publik. “Bisa dikatakan rata-rata per hari jumlah yang mendapatkan vaksin mendekati 1000 orang,” kata dr. Astuti.

Lebih lanjut, ia menyampaikan terima kasih atas kunjungan Presiden dalam meninjau proses vaksinasi Covid-19 di RSUI, baik di area poli maupun di area drive thru. Sebagai pelaksana vaksinasi dan penyedia fasilitas kesehatan dalam penanganan Covid-19, RSUI terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat.

Hingga saat ini, dalam pelaksanaan vaksinasi RSUI telah bekerja sama dengan sejumlah mitra. RSUI berharap agar kegiatan vaksinasi Covid-19 terus dapat dilaksanakan secara masif guna mempercepat serta memperluas cakupan vaksinasi, sehingga tujuan dari vaksinasi yakni terciptanya kekebalan kelompok bisa segera dicapai.