Oleh: Aisyah Nurmalasari

Depoknews- Memasuki musim hujan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil mengadakan peninjauan titik-titik rawan banjir di Jalan Arif Rahman Hakim, Kota Depok, Jawa Barat, pada Selasa (13/10/2020). Diakhir kunjungan ini, Kang Emil menekankan tiga hal kepada masyarakat Kota Depok terkait vaksin Covid-19 dan upaya penanganan banjir di Kota Depok.

Ia mengaku telah mengusulkan agar Kota Depok menjadi kota pertama yang mendapatkan vaksin Covid-19 November mendatang. Vaksin tahap pertama tersebut, dibeli langsung oleh Pemerintah Pusat dari luar negeri.

“Jika usul saya disetujui, Insya Allah bulan depan, warga Depok sudah mulai ada yang divaksin oleh vaksin pertama, yang dibeli langsung dari luar negeri oleh pemerintah pusat,” jelasnya kepada para wartawan di Situ Pladen, Depok, Jawa Barat.

Selain itu, Kang Emil juga mengaku mendapat beberapa laporan terkait banjir di Kota Depok. Ia berharap pemerintah Kota Depok dapat menyelesaikan masalah ini dengan baik.

“Saya sudah instruksikan ke pejabat sementara (Pjs) walikota untuk segera menghitung upaya pencegahan. Apakah itu pelebaran, pengerukan, dan lain-lain agar diselesaikan dalam hitungan hari,” tuturnya.

Terakhir, Kang Emil berencana untuk mengembangkan dua situ yang ia kunjungi tadi, yaitu Situ Rawa Besar dan Situ Pladen menjadi objek pariwisata. Dirinya berjanji akan menghadirkan beberapa fasilitas pariwisata seperti perahu-perahuan dan bebek air.

“Kedua situ dalam kondisi baik, hanya saja Situ Rawa Besar lebih luas dan lebih lengkap fasilitasnya dibanding Situ Pladen,” ujarnya.

Kang Emil berharap dengan diadakannya fasilitas pariwisata ini warga Kota Depok dapat lebih bahagia sehingga imunitas mereka meningkat.