Kuldesak dan Dinkes Berupaya Turunkan Penyebaran HIV dan AIDS

DepokNews–Kuldesak bersama Dinas Kesehatan Kota Depok bekerjasama dalam penanganan menurunkan penyebaran HIV/AIDS.

Ketua Umum LSM Kuldesak Kota Depok, Samsu Budiman mengatakan, Kuldesak adalah wadah bagi warga Depok, untuk menyosialisasikan dan membantu menurunkan penyebaran HIV/AIDS. Pihaknya juga aktif memberikan pengetahuan seputar dampak negatif dari peredaran Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza).

“Kami punya program berupa Care & Support. Dalam waktu dekat juga kami akan berkeliling ke-22 sekolah di 11 kecamatan untuk membentuk Training of Trainer dengan melakukan aksi nyata mengurangi dampak buruk Napza,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, Kuldesak memiliki kegiatan mengadakan silaturahmi ke Puskesmas yang ada di Depok, memberi informasi terkait dengan pasien yang terkena HIV agar bisa didampingi. Selain itu, ada program kunjungan ke rumah sakit (hospital visit) untuk memberi semangat pasien.

“Kami juga ada kegiatan home visit. Kami memberikan motivasi bagi penderita awal, serta memberikan informasi yang tepat bagi pasien dan keluarganya,”katanya.

Pihaknya juga kerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum, sebagai paralegal, untuk mendampingi hukum para pengguna Napza dan penderita HIV/AIDS yang mendapatkan stigma dan diskriminasi, ketika ada salah dalam pemberian obat atau tindakan malapraktik.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, pihaknya terus mendukung partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan.

Begitu pula dengan keberadaan LSM Kuldesak yang membantu menanggulangi HIV/AIDS di Kota Depok.

Dukungan tersebut juga dengan anggaran, Dinkes memberikan hibah kepada Kuldesak.

Untuk itu, Kuldesak dapat benar-benar memanfaatkan dan memaksimalkan dana tersebut dan harus meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.

Menyusun rencana kerja dengan kementerian atau lembaga terkait yang berperan besar dalam mencapai tujuan penanggulangan HIV/AIDS,” ujarnya belum lama ini.