DepokNews – Seni dan kreatifitas saat ini memang bisa dibilang menjadi ajang bukti keunikan pada era 4.0 (Critical Thinking, Creativity, Communication dan Collaboration). Selain perlunya mengupdate ilmu akademik, tentu seni yang biasa tersanding dalam budaya haruslah mampu teraplikasikan sebagai indentitas tanah air.

Sekolah Alam Kebun Tumbuh, merupakan lembaga pendidikan di wilayah Sawangan Depok. Sekolah yang berdiri pada tahun 2010 ini melakukan gebrakan menarik yaitu bekerja sama dengan Universitas Paramadina dalam memajukan seni kreatifitas serta budaya.

Fakultas ilmu Rekayasa dari Universitas Paramadina di daulat membuat karya Mural bernuansa kaligrafi di dinding-dinding berukuran 50 meter bagian depan Sekolah Alam Kebun Tumbuh. Kerja sama ini akan berlangsung selama 5 tahun ke depan. Lantas akan banyak karya turunan pula yang akan dihasilkan.

Teh Ayu, Kadiv Prodi Fakultas Ilmu Rekayasa Universitas Paramadina mengungkapkan sudah menyiapkan karya terbaik untuk Sekolah Alam Kebun Tumbuh.

“Seni Mural ini akan mewarnai halaman depan sekolah. Ini akan selesai ketika tahun ajaran baru tiba”, ujarnya.

Tepat pada Rabu (23/06/2021) pukul 13.00 wib, pelaksanaan MOU disertai tanda tangan dari ke dua belah pihak resmi dilaksanakan. Sejumlah anggota sekolah Kebun Tumbuh termasuk para tenaga pendidik, Manager SDM Admin dan tim turut hadir menyaksikan peresmian kerja sama kreatifitas ini.

Tidak lupa juga nampak wajah-wajah para mahasiswa yang siap memainkan tarian lengannya di atas kuas warna-warni untuk dinding yang cukup luas di wilayah Sekolah Alam tersebut.

Pimpinan Sekolah Alam Kebun Tumbuh, DR. Aan Rukmana menyambut baik kerja sama dalam hal kreatifitas Seni. Ia pun mengatakan sangat senang bisa bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Rekayasa dari Universitas Paramadina.

“Alhamdulillah, ini merupakan kolaborasi yang hebat. Walau Pandemi masih mewabah, namun semangat kita dalam memajukan pendidikan tidak boleh padam, ini harus serius”, imbuhnya.

Ketua Yayasan Sekolah Alam Kebun Tumbuh Kang Uci Sanusi juga turut mengungkapkan kesannya atas kerja sama Sekolah dan HIMA DKV Universitas Paramadina.

“Kita harus terus berkolaborasi dalam bidang pendidikan, sebab Seni merupakan penguat dalam kesuksesan pendidikan itu sendiri”, pungkasnya.

Tentunya siswa-siswi baru yang datang ke sekolah akan dimanjakan oleh gambar-gambar Mural yang ceria menemani hari mereka bersekolah. Sejauh ini antusiasme wali murid juga untuk mendaftarkan anak-anaknya di Sekolah Alam Kebun Tumbuh ini juga sudah sangat terlihat. Ditambah adanya Mural kaligrafi nantinya akan menambah gairah happy dalam menuntut ilmu.