Simulasi pengaman Pemilu 2019 (Istimewa)
DepokNews- Ketua KPU Depok Nana Shobarna mengatakan, pelatihan pengamanan dari aksi demo, merupakan dari kepedulian Polri di dalam pengamanan pemilu tahun 2019 yang akan datang.
“Kami menyambut baik dan mengucapkan terima kasih langkah yang dilakukan jajaran Polresta Depok, uji bentuk kepedulian dan kesiapsiagaan dalam mengawal keamanan dan ketertiban pada saat pelaksanaan pesta demokrasi, khususnya di Kota Depok,” kata Nana, usai simulasi pengaman Pemilu 2019 oleh Polresta Depok, kemarin, Kamis (11/10/2018).
Nana menjelaskan, di kantor KPU Kota Depok sendiri, memang ada personil dari kepolisian yang bertugas mengamankan objek vital seperti kantor KPU, baik dari unit intelegen maupun pengamanan biasa yang secara tentatif datang mengontrol ke KPU. Berkaca dari Pemilu 2004 dan 2009 yang paling krusial adalah saat rekapitulasi, biasanya tahapan itu memunculkan ketidakpuasan dari peserta Pemilu. Sehingga membutuhkan pengamanan ekstra dan tiap tahapan itu pihaknya pun akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar berjalan dengan baik
“Kalau ada yang kami perlukan untuk mengawal kegiatan, baru akan kami sampaikan kebutuhannya,” terangnya.
Dikatakannya, saat ini KPU tengah melaksanakan tahapan kampanye dan kegiatan penyempurnaan data pemilih, dan persiapan pengadaan logistik.
“Semoga tahapan kampanye dan lainnya di Kota Depok dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” pungkasnya.(mia)