DepokNews–Untuk menanamkan kesadaran pajak sejak usia dini Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Depok Cimanggis bekerja sama dengan Tax Center Universitas Gunadarma serta Dinas Pendidikan Kota Depok menggelar sosialisasi pajak bertutur 2021. Kegiatan tersebut berlangsung di Universitas Gunadarma Gedung F4 Jl. Raya Jakarta-Bogor No.20, Cisalak Ps., Kec. Cimanggis, Kota Depok, Rabu (25/8/2021).

Kepala KPP Pratama Depok Cimanggis, Sonny Agustinus menjelaskan, kegiatan pajak bertutur 2021 diadakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dengan mengambil tema “Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara” dengan tagline “Sehari Mengenal Selamanya Bangga”

“Sesuai tema generasi muda sadar pajak wujud bela negara sasaran tutur pajak 2021 adalah anak- anak muda, mulai SD, SMP, SLTA dan Mahasiwa. Untuk Kota Depok pesertanya 1.000 anak SD dari 11 Kecamatan di Kota Depok melaui jaringan zoom” kata Sonny Agustinus.

Sonny Agustinus juga menjelaskan pajak bertutur adalah salah satu upaya untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini. “Kita ingin menamkan pemahaman kepada anak-anak bahwa pajak itu sangat diperlukan oleh negara kita dalam melakukan pembangunan demi mensejahterakan masyarakat. Tidak ada pembangunan tanpa pembayaran pajak. Keuangan negara kita 70 persen berasal dari pembayaran pajak,” tambah Sonny Agustinus.

Materi pajak bertutur yang diikuti 1.000 anak-anak SD di wilayah Depok tersebut disampakaikan dengan metode seperti dongeng sehingga anak-anak merasa senang, nyaman dan bisa memahami pentingnya pajak dan diharapkan kelak akan bangga ketika membayar pajak.

Sedangkan Kepala Tax Center Universitas Gunadarma Dr. Beny Susanti menjelaskan, tax center Universitas Gunadarma banyak terlibat untuk menyukseskan acara pajak bertutur di KPP Depok Cimanggis, dengan menyediakan tempat berlangsung acara pajak bertutur 2021 ini.

“Tax Center Universitas Gunadarma melibatkan semua relawan pajak untuk terlibat menyukseskan acara tersebut dan berharap bentuk kerjasama kedepan semakin lebih nyata lagi,” kata Dr. Beny Susanti.

Pada pajak bertutur tahun 2021 Tax Center Universitas Gunadarma juga mendapatkan sertifikat tanda Penghargaan Edutax Award dari Kantor Wilayah DJP Jawa Barat III atas kontribusinya menjadi perguruan tinggi piloting dalam program inklusi kesadaran pajak pada perguruan tinggi di lingkungan Kantor Wilayah DJP Jawa Barat III untuk mewujudkan “Generasi Cerdas Sadar Pajak” dan sekaligus Institusi yang berperan aktif dalam kegiatan koordinasi dan sharing session program inklusi kesadaran pajak.

Sebelum nara sumber memberikan materi melalui dongeng tentang pentingnya pajak kepada anak-anak SD melaui zoom, acara tersebut juga didahului dengan mengikuti acara pajak bertutur tingkat nasional yang salah satunya agendanya mendengarkan sambutan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani mengatakan negara memiliki kemampuan membayar utang, salah satunya dengan uang pajak yang terkumpul.

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan defisit APBN melebar. Kondisi ini, membuat pembiayaan negara perlu ditambal dengan utang. Kendati begitu, negara dapat melunasi utang setelah perekonomian membaik dan penerimaan pajak kembali pulih.

“Kita harus mengalami defisit dan berutang, namun kita yakin bisa bayar lagi apabila penerimaan pajak bisa dikumpulkan,” kata Menkeu Sri Mulyani.