Depok News — Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar kompetisi Depok Mathematic Competition (DeTiC). Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memberikan wadah bagi siswa-siswi pelajar di Kota Depok yang memiliki kemampuan matematika untuk bisa menjajal kemampuannya dalam bidan matematika olimpiade

Menurut kepala Cabang KPM Kota Depok Ratisa Meyusni Penyelenggaraan DeTiC tidak bisa dilepaskan dari Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) yang setiap tahun diselenggarakan oleh KPM.

 “Dimana tahun ini merupakan tahun ke 14 penyelenggaraan kompetisi tingkat nasional ini,” ujarnya.

Untuk mencapai final dalam lomba KMNR ini, peserta harus melewati beberapa babak ujian. Yang pertama adalah babak uji soal, pada babak ini jumlah peserta yang berpartisipasi di wilayah Depok sebanyak 21.034 siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.

“Setelah melalui perangkingan nilai peserta, peserta dengan nilai yang sesuai dengan kriteria panitia akan dapat mengikuti babak penyisihan. Untuk babak penyisihan ini peserta yang lolos sebanyak 3.967 siswa,” jelas Tisa.

Menurutnya, KPM Cabang Depok selaku penanggung jawab kegiatan ini merasa perlu untuk memberikan apresiasi kepada para siswa yang mendapatkan nilai tertinggi pada setiap level kelas karena babak penyisihan ini merupakan babak yang selevel dengan babak tingkat Kota. Sementara babak selanjutnya (babak semi final) setara dengan level propinsi.

“Kegiatan babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 25 November 2018, sementara untuk penyerahan hadiahnya diumumkan pada tanggal 24 Februari 2019 bertepatan dengan diselenggarakannya babak semi final KMNR 14,” tambahnya.

Baca: Inilah Pemenang Depok Mathematic Competition 2019