Kota Depok Raih Anugerah Parasamya dan Satyalancana dari Presiden

Posted on

SIDOARJO-Presiden Joko Widodo (Jokowi) Serahkan Anugerah Parasamya dan Satyalancana ke 23 pemerintah daerah di Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXI yang berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Selasa (25/4/2017).

Sebanyak 23 pemerintahan daerah tersebut ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkinerja baik secara nasional. Penilaian itu berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2016.

Dari 23 Daerah tersebut, terbagi dalam 3 Pemerintah Provinsi, 10 Kabupaten dan 10 Kota. Salah satunya adalah Kota Depok. Alhamdulillah, tentunya kami bangga mendapat anugerah ini. Semua berkat kerjasama yang baik dan kerja keras berbagai pihak sehingga Pemkot Depok dapat membuktikan kinerja yang baik. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi kami untuk karya-karya nyata lainnya,” tutur Wakil Wali Kota Depok, Pradi Sipriatna yang mewakili Pemkot Depok menerima Anugerah Parasamya dan Satyalancana dari Presiden yang diserahkan Menkopolhukam Wiranto dan Mendagri Tjahyo Kumolo.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (OTODA) Sumarsono mengatakan, evaluasi kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) sendiri didapat dari hasil Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dalam setiap tahunnya. Ditahun 2016, ada sebanyak 524 dari 542 Daerah Otonom yang sudah menyampaikan LPPD tahun 2015.

Untuk 18 Daerah lainnya yang terdiri dari 1 provinsi dan 17 kabupaten belum wajib menyampaikan LPPD lantaran masih daerah otonom baru. “Evaluasi terhadap pemda sudah dilakukan sebanyak 8 kali. Dan sudah 6 kali diumumkan kepada masyarakat melalui media,” terang Sumarsono.

Diutarakan Sumarsono, Anugerah ini untuk mengapresiasi capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, Presiden RI melalui Menkopolhukam menganugerahkan tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha dan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha,.

Berikut daftar 23 Daerah berkinerja baik. Tiga Provinsi Tertinggi secara nasional diantaranya, Provinsi Jawa Timur dengan skor 3, 1802, kedua di raih Provinsi Jawa Barat dengan Skor 3,1760, dan terakhir diraih Provinsi Kalimantan Timur dengan skor 3,1469.

10  Kabupaten tertinggi kinerja terbaik secara Nasional. Diantaranya, Kabupaten Sidoarjo (Jatim), Kabupaten Karanganyar (Jateng), Kabupaten. Kudus (Jateng), Kabupaten Lamongan (Jatim), Kabupaten Pinrang (Sulsel),  Kabupaten Banyuwangi (Jatim), Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Probolinggo (Jatim), Kabupaten Kuningan (Jabar), Dan Kabupaten Pati (Jateng).

Sementara, 10 kota terbaik/tertinggi secara Nasional, diantaranya, Kota Makassar (Sulsel), Kota Surabaya (Jatim), kota Samarinda, kota Mojokerto, Kota Gorontalo, kota Bandung, Kota Depok (Jabar). Kota Banjar (Jabar), Kota Bontang (Kaltim), dan Kota Sukabumi (Jabar).