Audiensi BPPT dengan Pemkot Depok di Ruang Rapat Lt.11 Gedung BJ. Habibie, Jalan MH. Thamrin 8, Jakarta Pusat, Kamis (15/04/21). (Istimewa)

DepokNews – Depok dinilai menjadi kota yang potensial untuk penerapan kendaraan berbasis listrik. Mulai dari kendaraan privat maupun umum seperti angkutan kota (angkot) bertenaga listrik.

Menurut Direktur Pusat Sistem Audit Teknologi  pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Arwanto, Depok menjadi salah satu kota yang cukup potensial untuk penerapan transportasi berbasis listrik. Sebab, Depok sudah mengimplementasikan program Smart City.

“Dalam masterplan Smart City Kota Depok sudah mengarah pada kendaraan listrik. Yaitu dengan menyediakan fasilitas pengisian baterai perangkat kendaraan listrik,” katanya seperti dikutip dari laman berita.depok.go.id, usai melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Gedung BJ. Habibie, Jakarta Pusat, Kamis (15/04/21).

Maka dari itu, ucapnya, Depok menjadi kota yang cocok untuk bersinergi dalam penerapan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Ke depan BPPT akan terus membantu dari sisi kebijakan, kajian, perencanaan hingga tata letaknya.

“Kita berharap sinergisitas terus berjalan, ditambah Depok ternyata sangat siap menerapkan Ini. Dimana pemerintah pusat sendiri sudah menargetkan di tahun 2025 sudah harus mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)