DepokNews–Anggota Tentara Nasional Indonesia dari Koramil 02 Beji pada Jumat (1/6) memperingati hari lahir Pancasila bersama masyarakat, ulama, pemuda dan elemen masyarakat lainnya di lingkungan RW 15 Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh, Kasrem 051 Wijakarta Letkol Wawan Kasdim 0508 Kota Depok Mayor (Arh)  Ervan Yuli Saputro, Danramil 02 Beji Kapten (Kav) Syahroni.

Kasdim 0508/Depok Mayor Arh Erfan Yuli Saputro mengatakan tanggal 1 Juni merupakan sebagai lahir Pancasila,  bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Dikatakan Kasdim, pada hakekatnya seluruh rakyat Indonesia harus memahami dan mengamalkan Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa Kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia,” katanya.

Menurut dia, Kota Depok menurutnya adalah miniatur Nusantara yang dihuni oleh warga dengan keragaman suku, etnis, adat istiadat, dan agama.

“Kota Depok tetap kondusif, ini tidak lepas dari kebersamaan yang kuat. Ini harus tetap dipertahankan,” ujarnya.

Di lokasi sama, Danramil 02 Beji Kapten (Arh) Syahroni menambahkan kegiatan peringatan hari lahirnya Pancasila diperingati dengan melaksanakan kegiatan sosialiasi Pancasila.

Dia mengatakan selain melaksanakn sosialiasi Pancasila juga dilakukan tanda tangan bersama di kain putih untuk tidak melupakan makna dari Pancasila itu sendiri.

“Kami TNI bersama warga melakukan tanda tangan bersama di kain putih tidak melupakan Pancasila, dan kami harap kegiatan sosialisasi Pancasila juga diimplementasikan pada kehidupan sehari- hari”katanya.

Sementara itu Ketua RW 15 Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji Supono menyambut baik dilakukannya kegiatan peringatan hari Pancasila di lingkungan warga.

“Kami apreasiasi kegiatan hari lahir Pancasila di lingkungan warga, diharapkan dengan adanya kegiatan ini warga tidak melupakan nilai-nilai Pancasila”katanya.