Arry Rahmawan, ST,. MT saat menyampaikan materinya mengenai Bussiness Model Canvas

Kopdar Youngpreneur Bongkar Rahasia Sukses Business Model Canvas

Posted on 121 views

DepokNews —  Pengusaha merupakan salah satu komponen penting dalam suatu kegiatan perekonomian. Pentingnya peran ini telah dibuktikan Indonesia saat menghadapi krisis pada tahun 2008 yang merupakan dampak dari krisis Amerika Serikat. Namun, hal ini tidak sebanding dengan pertumbuhan pengusaha di Indonesia yang hanya mencapai 3,1%, lebih rendah dari negara tetangga, Malaysia 6% dan Thailand 5%. Kenyataan ini lah yang akhirnya membuat mahasiswa STEI SEBI Depok, tepatnya kelas Manajemen Bisnis Syariah (MBS) 2014 A mengadakan Kopdar Youngpreuneur. Acara yang di selenggarakan pada Sabtu (25/11) di Sebi Hall ini dimulai pada pukul 08.00 dan dihadiri oleh 100 peserta.

Kopdar kali ini mengangkat tema, “Bongkar Rahasia Sukses Business Model Canvas, Untuk Optimalkan Bisnismu” dengan pembicara Arry Rahmawan, ST,. MT yang merupakan Founder Cerdas Mulia Institute dan Signifiergames.com dan juga BMC Trainer. Workshop yang dibuka untuk umum ini dihadiri oleh berbagai kalangan. Tidak hanya dari pebisnis yang telah memiliki bisnis lama, tapi juga ada yang baru memulai bisnis dan baru berniat untuk berbisnis. Dalam menyampaikan materinya, Arry Rahmawan lebih dahulu memberikan pemahaman mengapa dan bagaimana seseorang harus berbisnis. Selain itu juga dilakukan lomba simulasi bisnis untuk para peserta.

Business Model Canvas atau BMC ini merupakan lembaran sederhana yang bisa menjelaskan model bisnis sebuah perusahaan. Jadi diharapkan dengan adanya BMC ini, pengusaha dapat melihat suatu usaha itu dengan lebih sederhana. Selain itu juga BMC ini juga dikembangkan untuk suatu perusahaan berinovasi agar perusahaan mereka tetap competitive. Selain itu kita tidak hanya mudah melihat dalam teknis tapi juga dalam design suatu usaha pun juga akan lebih mudah,” jelas Arry Rahmawan mengenai BMC disela-sela wawancaranya.

Workshop yang diselenggarakan untuk memenuhi  tugas dari mata kuliah Manajemen Seminar Bisnis ini mendapatkan respon positif dari para peserta. Melihat peserta bukan hanya dari internal STEI SEBI, melainkan ada dari eksternal bahkan dari luar kota yaitu Aceh. Peserta berharap bahwa workshop ini dapat diadakan lagi dan diharapkan bisa lebih dimasifkan lagi dalam dalam hal publikasi. Dari perwakilan Prodi Manajemen Bisnis Syariah STEI SEBI pun mengaku bangga akan terselenggaranya workshop ini, dan semoga seminar ini dapat menjadi jalan terlahirnya pengusaha muda yang sukses. (sya)