Komunikasi dan Koordinasi Kapolresta Depok Kunjungi Rutan Cilodong

Posted on

DepokNews- Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan kunjungi Rutan Kelas II B Cilodong, dalam rangka komunikasi dan koordinasi terkait pengamanan lapas, Selasa (16/4). Hal ini sebagai langkah antisipasi adanya kerawanan dan mencegah warga binaan kabur atau terjadi keributan internal di Rutan Cilodong.

Kepala Rutan Kelas II B Cilodong Sohibur Rachman mengatakan, kunjungan Kapolresta Depok sebagi wujud koordinasi menyikapi kondisi  yang tidak diinginkan atau adanya kerawanan di Rutan Cilodong.

“Kunjungan ini untuk mengantisipasi kerawanan di Rutan Cilodong dan mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi,” jelas Sohibur.

Polresta Depok juga memberi masukan jika terjadi kejadian luar biasa dilapangan, bagaimana cara mengantisipasinya. Seperti panic button yang dimiliki Polresta Depok. Dengan harapan situasi dapat terkendali.

“Kapolres juga melihat blok hunian di rutan. Melihat proses pengerjaan dari Rutan Cilodong. Beliau juga mengapresiasi sistem pengerjaan kami yang sesuai SOP, agar aman terkendali,” ungkapnya.

Dalam koordinasi tadi juga memetakan kerawanan yang kemungkinan dapat terjadi di Rutan Cilodong. Sehingga jika terjadi kejadian luar biasa, mendapat bantuan pengamanan kembali dari Polresta Depok atau dianggap sudah cukup dari bantuan pengamanan yang selama ini sudah diberikan Polresta Depok.

“Kami bekerja sesuai SOP, ada dua tingkatan kejadian yakni eskalasi kecil yang masih bisa ditangani oleh rutan. Lalu eskalasi besar yang memerlukan yang dalam penanganannya butuh sinergisitas,” terangnya.

Sohibur pun sangat setuju dan sangat mengapresiasi panic button dari pihak kepolisian. Aplikasi tersebut sangat berguna untuk digunakan di situasi darurat.

“Apalagi di rutan, termasuk salah satu tempat vital. Tiap staff rutan dapat mengunduh aplikasi itu,” kata Sohibur yang juga akan mengunduh aplikasi Panic Button.

Namun dengan kunjungan Kapolresta Depok dan jajarannya ini, pihaknya akan mendapat banyak masukan untuk semakin memperketat pengamanan dan pengawasan atas ratusan warga binaan yang mendekam di Rutan Cilodong.

“Kunjungan ini sangat berarti bagi kami dan bentuk dukungan kepolisian dalam membantu pengamanan dan pengawasan di Rutan Cilodong,” pungkasnya.(mia)