Komponen yang Harus Diperhatikan Dalam SRA

Posted on 120 views
DepokNews- Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Yulia Oktavia mengatakan, ada ciri yang bisa dilihat dari sebuah sekolah yang dikatakan Sekolah Ramah Anak (SRA). Menurutnya, terdapat beberapa komponen yang perlu menjadi perhatian untuk menciptakan sekolah yang ramah anak.

Komponen yang pertama yaitu adanya kebijakan SRA dalam artian sekolah tersebut memiliki komitmen tertulis menjadi SRA, memiliki SK tim SRA, atau pun program yang mendukung SRA.

“Karena itu selain proses administrasi yang ketat, lingkungan sekolah juga harus nyaman bagi siswa sehingga ideal dikatakan ramah anak,” jelas Yulia.
Mendapatkan keamanan, kenyamanan, gedung sekolah, ruang belajar, dan ruang bermain yang aman dan nyaman adalah hak anak yang harus mereka peroleh ketika di sekolah.

Yulia melanjutkan, anak harus mendapatkan perlakuan yang baik dari seluruh warga sekolah. Bangunan sekolah harus memiliki ruang udara yang cukup.

“Anak juga harus merasa aman, nyaman, dan terpenuhi kebutuhannya,” ujarnya.

Partisipasi aktif dari orang tua dan wali murid, masyarakat, dan alumni dalam mendukung program tersebut. Serta harus ada peran serta masyarakat setempat, seperti camat, lurah, RW/RT, warga sekitar, dan Polsek.

Komponen lainnya yang melengkapi adalah dari individu siswa dan guru itu sendiri. Sekolah yang ramah anak, juga ditunjukkan melalui perilaku siswanya yang anti bullying. Ragam acara sosialisasi dan langkah-langkah antisipasi memutus senioritas dan bullying haruslah dilakukan.

“Melakukan pendekatan terhadap orang tua dan siswa juga harus dilakukan, agar ada sinergi untuk stop bullying disekolah,” tandasnya.(mia)