DepokNews– Peringatan Idul Adha 1439 H atau biasa disebut Hari Raya Qurban oleh seluruh muslim di dunia mengajarkan esensi makna keikhlasan dan pengorbanan. Begitu pula yang dilakukan oleh para jamaah Masjid Darusalam komplek Bukit Cengkeh Berbunga, Baktijaya.

Sudah jauh hari sebelum pelaksanaan Qurban, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Darusalam mengajak para warga untuk membuat grup qurban sapi antar warga. Satu grup berisi 6-7 orang yang nantinya berkomitmen untuk berqurban sapi.

“Bukan banyaknya hewan qurban, tapi bagaimana agar para jamaah bisa bersama-sama berkomitmen dan meneladani pengorbanan dari kisah Nabi Ibrahim dan Ismail As,” ujar Edyson Firdaus Ketua DKM Darusalam.

Dikatakannya, mungkin sulit untui bisa berqurban sapi seorang diri, maka dari itu grup yang dibentuk ini jadi awalan.

Dia juga menjelaskan bahwa esensi berqurban saat ini adalah ikhlas dalam mengorbankan harta untuk dibelikan hewan qurban guna dibagikan kepada kaum dhuafa yang mungkin tidak bisa sesering menikmati makanan daging.

“Totalnya ada 8 Sapi dan 20 Kambing dan sudah dibagikan kepada 750 Warga sekitar BCB, juga yayasan yatim dhuafa sekitar. Semoga Allah menerima amal dan pahala dan semua dapat mengambil hikmah dari perayaan qurban tersebut, ” tutupnya.