DepokNews–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok diganjar penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Tahun 2020 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas komitmen menjalankan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Pemberian penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN dan diterima oleh Wali Kota Depok, Muhammad Idris yang berlangsung di Balai Kota Depok.

Wali Kota Depok Mohammad Idris bersyukur atas pemberian penghargaan tersebut. Dirinya menyatakan, program Bangga Kencana, secara umum tertuang dalam Ketahanan Keluarga.

“Program Ketahanan Keluarga ini, dikuatkan dengan payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) Ketahanan Keluarga dan Kota Layak Anak (KLA),”ujarnya. Jumat (28/8/2020).

Sementara itu Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN, Dwi Listyawardani mengatakan, pihaknya memberikan penghargaan MKK kepada para kepala daerah yang memiliki komitmen terhadap program Bangga Kencana. Bukan hanya dari aspek regulasi dan program, namun juga dukungan anggaran.

“Salah satunya, inovasi Kampung Keluarga Bencana (KB) yang digagas di Depok, levelnya diperdalam menjadi di tingkat RW. Sementara di daerah lain, masih di level desa,” katanya,

Dijelaskannya, bukan hanya pembentukan Kampung KB, kelayakan penghargaan diberikan kepada Mohammad Idris juga dinilai dari pengetahuan kepala daerah terhadap delapan fungsi keluarga. Serta terjalin baiknya koordinasi antara pemerintah bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di tingkat kota dan provinsi.

“Karena itu, sudah sewajarnya, Kota Depok, khususnya pimpinan daerahnya mendapatkan anugerah ini,” tutupnya.