Kodim 0508 Depok Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Posted on

DepokNews — Jajaran anggota Tentara Nasional Indonesia Kodim 0508 Kota Depok pada Kamis (1/6) memperingati Hari Pancasila dengan melaksanakan upacara benderadi lapangan Makodim 0508/Depok, Jl. Pramuka Raya No. 2, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas.

Sebagai Inspektur Upacara, Kasdim 0508/Depok Mayor ( Inf ) Mistar, dalam amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo, yang dibacakannya, mengatakan, pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno.

Oleh karena itu, lanjutnya, saya mengajak peran aktif para pelaku agama, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan.

Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan, dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Sementara itu, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Slamet Supriyanto, mengatakan Makna pancasila sebagai dasar Negara hendaknya tidak hanya dihafalkan saja, akan tetapi perlu adanya wujud nyata dari setiap warga Negara Indonesia untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Dimana nantinya setiap warga Negara Indonesia memiliki rasa saling memiliki antara yang satu dengan yang lain dalam satu kesatuan yakni NKRI itu yang kita inginkan,”katanya.

Di hari Pancasila ini diharapkan kedepannya tidak ada lagi diskriminasi antara penduduk yang satu dengan yang yang lain, tidak ada diskriminasi antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain, yang kesemuanya menjadi satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila.