DepokNews–Anggota TNI dari Kodam Jayakarta dan Kodim 0508 Kota Depok pada Sabtu(14/12) melakukan penanaman pohon di sekitar kawasan Situ Sidamukti, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Cilodong.

Kasdam Jaya, Brigjen Muhammad Saleh Mustafa kepada wartawan mengatakan kegiatan penghijauan dalam rangka Hari Juang TNI-AD Tahun 2019, Kodam Jaya melakukan rangkaian kegiatan diantaranya karya bakti, bakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya.

Penghijauan dilakukan di Situ karena Situ merupakan bagian sangat penting bagi kelangsungan lingkungan hidup khususnya di wilayah DKI Jakarta.

“Seperti kita ketahui pemukiman di Jakarta semakin padat, sehingga lingkungan di Jakarta dan Depok perlu penyeimbang. Jangan sampai serapan air berkurang karenanya kita aktifkan melalui penghijauan di Situ ini,”katanya.

Saleh Mustafa berharap dengan penanaman pohon ini, air tanah di wilayah Jakarta dan sekitarnya bisa mensupport keberlangsungan lingkungan di Jakarta dan sekitarnya.

Melalui penghijauan ini juga dapat memperbaiki kualitas air tanah.

Ditempat yang sama Dandim Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj mengatakan sedikitnya 600 pohon produktif ditanam di Situ Sidamukti diantaranya pohon Mangga, Durian, Jambu, Nangka, Jeruk dan Petai.

Selain penghijauan, kata Agus, rangkaian kegiatan lain berupa bakti sosial diantaranya pengobatan bibir sumbing, pengobatan umum, khitanan massal, donor darah dan pembagian sembako.

“Baksos tersebut merupakan perwujudan kepedulian kami TNI untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat pada kondisi saat ini,”katanya.

Tokoh masyarakat Depok, H. Yahman mengaku bangga dengan kegiatan penghijauan yang dilakukan TNI dari Kodam Jaya.

Penanaman pohon produktif ini sangat bermanfaat buat warga disini. Diharapkan warga bisa memelihara dan menjaga keberlangsungan pohon-pohon ini.