DepokNews-Kelompok 31 Kuliah Kerja Nyata (KKM) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar kegiatan gelorakan budidaya ikan lele dan penanaman sayuran dengan sistem hidroponik yang berlokasi di cinere tepatnya di Majlis Tal’lim Al-ikhlas Kota Depok,

Baskoro Galih , sebagai ketua kelompok KKN 31 UMJ mengatakan kegiatan tersebut dihadiri oleh anak-anak asuhan majlis ta’lim al-ikhlas, aparatur pemerintah dan komunitas budaya. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 31 diantaranya adalah memberikan pembimbingan dan edukasi hidup sehat untuk anak-anak sekitar sebagai langkah pencerahan agar terhindar dari penyebaran virus corona.

” Kegiatan pembudidayan ikan lele didalam ember sebagai bagian dari langah strategis pemanfaatan lahan yang sudah sedikit di Kota Depok. Maka dari itu pembudidayaan ikan lele dengan menggunakan media ember bekas hadir sebagai salah satu solusi pemberdayaan masyarakat dan kedepannya sebagai penguatan ekonomi.Selain pembudidayaan ikan Lele tersebut, juga bisa dimanfaatkan sebagai sistem hidroponik untuk penanaman sayur seperti kangkung,”ujarnya. Senen (20/7/2020).

Selain Itu kegiatan ini bertujuan sebagai pengabdian mahasiswa dimasyarakat dan untuk meningkatkan kepedulian antar sesama. Walaupun dalam kondisi pandemi kewajiban pengabdian masyarakat harus dilaksanakan dan tidak bisa ditawar-tawar.

“Harapannya denga n adanya program KKN di lokasi majlis ta’lim tersebut dapat menginspirasi dan tidak cukup hanya menginspirasi kedepanya harus dikembangkan sebagai penguatan ekonomi mandiri masyarakat pungkasnya,”harapnya

Selanjutnya Ibu Jamiati, sebagai Dosen pembimbing Kuliah Kerja Nyata kelompok 31 berharap dengan diadakannya KKN dimasa pandemi, mahasiswa dapat membimbing masyarakat terkait edukasi penanaman hidroponik, karena masyarakat perkotaan tidak mempunyai lahan yang luas maka penggunana media alternatif seperti hidroponik adalah langkah yang efektif dalam situasi lahan yang sedikit.

“Kemudian dengan diadakannya program KKN tersebut, berharap agar kita tetap produktif dan peduli terhadap sesama,”ujarnya.