Khutbah Jumat Di Masjid Balaikota Depok, Ustad Khairullah Ajak Jamaah Belajar Pada Lebah

Posted on 777 views

DepokNews — Sekretaris Badan Pengelola Harian MUI Kota Depok, Ustad Khairullah Ahyari menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Balaikota Depok, Jumat (6/4/2018). Pada khutbahnya Ustad Khairullah mengajak para jemaah untuk mengambil hikmah dari binatang lebah, seperti yang ada dalam Alquran, surah an-Nahl ayat 68 dan 69:

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (٦٨)ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (٦٩)

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”,

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu), dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Dari ayat tersebut, menurut Ustad Khairullah ada beberapa pelajaran yang bisa diambil hikmahnya.

  1. Lebah hanya memakan makanan yang  terbaik, dan untuk mendapatkan makanan terbaik tersebut lebah bisa terbang hingga 10 km. “Kita sebagai muslim harus meniru lebah, hanya makan yang terbaik dan untuk mendapatkan makanan terbaik tersebut kita harus bekerja keras, dengan niat untuk mencari ridho Allah SWT. Makanan terbaik bagi umat Islam adalah makanan yang halal, baik bendanya maupun cara memperolehnya,” jelas Ustad Khairullah.
  2. Lebah menghasilakan hal yang terbaik, yaitu madu yang bisa menjadi obat untuk berbagai penyakit. “Sebagai seoang muslim kita harus menghasilkan hal yang terbaik, yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat luas,” tambah Ustad Khairullah.
  3. Lebah hidup berkelompok, saling bekerjasama dan taat pada pimpinan sehingga menghasilkan sarang lebah yang indah, bentuknya, warnanya, ukurannya relatif sama.
  4. Lebah tidak pernah melakukan perusakan terhadap tempat dimana lebah membuat sarang-sarang. “Lebah bisa membuat sarang di pohon-pohon, didalam rumah dan diberbagai tempat lainnya, namun dimanapun lebah bersarang lebah tidak pernah melakukan perusakan. “Seorang muslim dimananapun berada harus seperti lebah, tidak boleh melakukan perusakan dan sebaliknya seorang muslim harus aktif melakukan perbaikan pada diri, keluarga dan masyarakat dimana ia berada,” pungkas Ustad Khairullah.