Khutbah Jumat di Masjid Al Hidayah Tapos, Walikota Depok Sampaikan Pentingnya Ilmu Agama

Posted on 13 views

Depoknews — Agama merupakan sebuah benteng dalam kehidupan manusia. Fungsi agama yang sangat vital inilah, diharapkan harus dipelajari dengan cara yang benar, agar dalam praktiknya dilakukan berdasarkan pengetahuan ilmu yang memadai.

“Cara beragama yang baik adalah beragama dengan ilmu, beragama dengan dasar ilmu pengetahuan,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Alhidayah, Sukatani, Jumat (10/02/2017).

Mohammad Idris juga mengajak kepada jemaah Masjid Al Hidayah untuk beribadah sesuai dengan pemahaman ibadah yang telah diajarkan maupun dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dengan meneladani Rasul, diharapkan cara beribadah warga sesuai dengan ajaran dan tuntunan Islam.

“Tidak sekadar meniru, emosi, dan kemauan saja. Tapi, berdasarkan ilmu pengetahuan,” ucapnya.

Menurutnya, keberadaan majelis taklim menjadi bagian penting sebagai media atau tempat dalam mencari ilmu agama di masyarakat. Ia menilai, ulama dan para ustaz menjadi pelaku penting dalam mengajarkan dan memberi ilmu pengetahuan kepada masayarakat.

Selanjutnya, ia juga mengajak, agar warga memperbaiki kehidupan duniawi. Tidak hanya sekadar pasrah tanpa adanya melakukan usaha. Tapi, harus bekerja keras untuk mencapai dan mendapatkan rezeki yang telah disediakan Allah SWT. Sebagai penutup khutbah, ia juga mengingatkan agar jemaah, tidak mengabaikan kehidupan selanjutnya, yaitu akhirat. Sebab, kehidupan akhirat merupakan kehidupan hakiki yang sebenarnya.

“Kebahagiaan dan kehidupan yang sebenarnya adalah di akhirat,” pungkasnya.