Depok – Dewan Pengurus Daerah PKS Kota Depok hari Ahad (20/6/2021) menyelenggarakan acara Dzikir dan Istighosah Untuk Kota Depok Tercinta Demi Mencegah Penyebaran Wabah Covid-19 dengan mengundang seluruh kader, simpatisan dan warga Kota Depok. Acara tersebut dimaksudkan memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT, agar warga Depok dijauhkan dari wabah Covid-19. Diisi pula taujih dan muhasabah oleh KH. Ibnu Jarir, Lc.

Acara dimulai pukul 16.00 WIB dengan diawali pembacaan ayat suci Alquran yang dibawakan oleh Ustad Zico Alviandri. Dilanjutkan pembacaan dzikir dan istighosah yang dipimpin oleh KH. Sueb Mawardi selaku Ketua Dewan Etik Daerah (DED) DPD PKS Kota Depok.

Kemudian disambung dengan ceramah muhasabah yang disampaikan oleh KH. Ibnu Jarir Lc, yang di antara isi taujih atau ceramahnya, menjelaskan keutamaan bersabar menghadapi wabah Covid-19.

“Memang panjang ujian ini. Sudah 15 bulan wabah belum berakhir. Kita diuji kesabaran kita. Dan seorang mukmin itu sungguh menakjubkan. Jika diberi kondisi baik ia akan bersyukur. Dan jika kondisinya masih dalam ujian ia akan bersabar,” tutur Ustad Ibnu Jarir, panggilan akrabnya.

Di bagian lain ceramahnya Ustad Ibnu Jarir mengajak hadirin, peserta zikir istighosah online untuk melakukan instropeksi diri.

“Mari kita bermuhasabah (instropeksi) diri dengan menjaga diri dari kemaksiatan. Dengan adanya virus ini pula kita menyadari bahwa adanya kekuasaan Allah dan membuat kita mendekatkan diri kepada Allah,” kata Ustad Ibnu Jarir.

Ustad Ibnu Jarir bersyukur karena pemimpin Kota Depok mengajak warga-nya bermunajat kepada Allah, dan membaca Alquran seperti halnya Sultan Brunei yang mengajak rakyatnya untuk dekat dengan Alquran Dalam menghadapi wabah Covid-19.

“Alhamdulillah warga Depok walikota-nya seorang ulama. Wakil Walikota-nya ulama sekaligus entrepreneur.” tambahnya.

Acara dzikir dan istighosah diakhiri dengan pembacaan Zikir Almatsurat yang dibawakan oleh Ustad Abdul Hakim Zaly. Dan acara selesai pukul 17.40 WIB.

Acara dzikir istighosah ini diikuti secara online menggunakan aplikasi Zoom dan Youtube. Sebanyak 587 partisipan hadir. Sebagian peserta dzikir online terlihat mengikuti dan menyampaikan respon positif di channel Youtube PKS TV Kota Depok.

Sebelumnya Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono menyampaikan bahwa acara ini merupakan bentuk upaya PKS dalam mengetuk pintu langit agar Allah SWT melindungi warga Kota Depok dari wabah covid-19 dan kasusnya bisa terus menurun.

“Sebagai manusia kita adalah hamba yang lemah untuk itu kita memohon kepada yang maha kuasa atas segala musibah yang datang ke negeri kita maupun di dunia ini dengan mengharapkan kebesarannya atas segala kekuasaannya Allah yang menciptakan alam semesta dan semua isinya. Untuk itu kami DPD PKS ingin mengetuk pintu langit agar Allah subhanahu Wa ta’ala melindungi warga Kota Depok agar bisa terus menurun wabah covid 19 di Kota Depok melaui acara Dzikir dan Doa Istighosah,” katanya.

Imam Budi Hartono yang juga Wakil Walikota Depok juga terus meminta warga untuk disiplin menjaga Prosedur Kesehatan Covid-19 dengan 3 M yaitu Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun, dan Menjaga Jarak. Serta menjaga Imun dan Iman.
(shl)