Pak RT berbagi ilmu dan praktek membuat sabun deterjen cair

DepokNews—Pengurus lingkungan RT 02 RW 11 Kelurahan Pancoran Mas aktif dalam memberdayakan warganya. Beberapa kali pengurus mengundang narasumber dari luar lingkungan untuk berbagi pengalaman dalam mengelola warga dan lingkungannya.

https://www.facebook.com/Grosir-Kaca-Mata-1734066946827730/?ref=bookmarks

Kali ini Ketua RT 02/11 Kel. Pancoran Mas, Misroji, yang menjadi narasumber. Ahad (7/7) puluhan warga, terutama ibu-ibu muda dan tua, di halaman salah seorang warga berkumpul mengikuti pelatihan sekaligus praktik membuat sabun cuci cair (deterjen). Mereka tampak antusias mendengarkan dan menyimak Pak RT Misroji menerangkan satu per satu bahan pembuatan deterjen cair serta cara membuatnya.

“Yang ini namanya Texapon/Sodium Lauril Sulfat (SLS), salah satu bahan pembuat deterjen. Baunya khas dan bahan inilah yang menghasilkan busa. Baiknya menggunakan bahan ini secukupnya saja, jangan lebih, apalagi berlebihan, tidak baik untuk penyerapan air ke tanah,” terang Misroji.

Selain Texapon, dia juga menerangkan bahan-bahan kimia pembuat deterjen seperti Natrium/Sodium Sulfat yang berfungsi untuk mempercepat pengangkatan kotoran. “Bahan ini bila dicampurkan dengan air (aquades) akan terasa hangat atau kadang memanas. Makanya kita sebaiknya menggunakan sarung tangan tebal atau tongkat pengaduk untuk meluruhkannya. Jangan lupa kenakan masker dan kacamata untuk menghindari uap dan percikan ke mata,” paparnya.

Karena sebagian bahan yang digunakan dalam pembuatan deterjen cair ini berbentuk kimia, Misroji menganjurkan untuk media cairnya menggunakan air suling. “Hindari menggunakan air sumur atau air tanah lainnya yang kita tidak tahu ada kandungan logam yang terkandung di dalamnya. Kandungan logam yang meskipun kadarnya sedikit dikhawatirkan dapat menimbulkan reaksi kimia yang cukup membahayakan,” jelas Misroji yang mengelola laundry “Londrine Pak RT” ini.

Beberapa peserta tampak antusias ketika diminta menjadi relawan untuk pembuatan deterjen cair. “Pak RT ntar saya mau jualan sabun deterjen dah kalau sudah tahu caranya begini,” sahut Mama Zahra yang dijawab anggukan dan jempol Pak RT Misroji.