DepokNews – Pemerintah Indonesia mengutuk tindakan Israel terhadap Palestina dan mendesak agar Dewan Keamanan PBB mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Israel. Selain itu Pemerintah Indonesia juga telah menyatakan usulannya dalam pertemuan virtual Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Bima (BMMB) Kota Depok Tasrif, S.H., M.H mengapresiasi berbagai langkah yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam memprotes langkah yang dilakukan oleh Israel terhadap warga Palestina.

Tasrif, S. H., M. H juga menyatakan bahwa ia sangat berharap bahwa pemerintah Indonesia dapat lebih bertindak pro-aktif dalam upaya menghentikan berbagai tindakan Israel yang menyebabkan jatuhnya ratusan korban jiwa warga Palestina, kewajiban untuk bertindak pro-aktif tersebut didasari amanat yang terdapat dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945 yang menyatakan

“ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,”ujarnya. Rabu (19/5/2021).

Tasrif, S.H., M.H juga menegaskan bahwa keharusan pemerintah Indonesia untuk membela hak-hak kemanusiaan warga Palestina merupakan sebagai wujud nyata dari ketentuan yang terdapat dalam konstitusi Indonesia yakni pada alinea kesatu pembukaan UUD 1945 yang menyatakan.

“Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan,”bebernya.

Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa seharunya pemerintah Indonesia dapat lebih pro-aktif dan melakukan langkah nyata secepatnya untuk menghentikan serangan-serangan udara Israel yang berpotensi dapat mengakibatkan semakin banyak jatuhnya korban jiwa.