Walikota Depok Mohammad Idris (Istimewa)

Keseimbangan Pendidikan Dasar Bagi Siswa Awal Pembentukan Karakter 

Posted on 959 views
DepokNews- Menurut Walikota Depok, Mohammad Idris, rumusan pendidikan dasar berbeda dengan keterampilan dasar. Ketidakseimbangan dalam memberikan dua hal ini, bisa membuat para pelajar kehilangan jati diri.

Idris mengatakan bahwa pendidikan dasar ini, adalah nilai-nilai yang harus tertanam kepada setiap anak. Yaitu, pemahaman mereka tentang Allah SWT dan menanamkan akhlak yang mulia. Karena itulah diperlukan pendidikan karakter bagi siswa, agar dapat diterapkan di keseharian.

“Dua hal inilah yang harus kita tingkatkan,” ujarnya.

Dikatakannya, setelah nilai dasar ini tertanam dengan baik. Para pelajar barulah dibekali nilai-nilai keterampilan dasar, seperti membaca, menulis, dan berhitung.

Idris melanjutkan, penanaman pendidikan dasar ini sejalan dengan prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam. Yaitu menanamkan kedekatan kepada Allah, melalui pengajaran yang diambil dari nilai-nilai Alquran dan sunah-Nya.

“Keberadaan sekolah, menjadi pelengkap penanaman pendidikan karakter yang diberikan orang tua di rumahnya. Hal ini pun harus seimbang, antara dirumah, sekolah dan lingkungan bermain siswa,” tandasnya.(mia)