DEPOK–Sebagai kota yang dekat dengan ibu kota negara DKI Jakarta, Kota depok tidak hanya dikenal sebagai kota friendly city. Namun juga dikenal memiliki sarana pendidikan yang lengkap dan berkualitas, termasuk di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Salah satu SMA di Depok yang memiliki segudang prestasi adalah SMA N 1 Depok. Hampir sebagian besar lulusan SMA N 1 Depok mampu mengantarkan siswa-siswanya ke berbagai perguruan tinggi bergengsi di Indonesia.

Hal inilah yang juga dikatakan oleh Humas SMA N 1 Depok, Rosalina bahwa setiap tahun sebanyak 313 lulusan SMA Negeri 1 Depok tahun pelajaran 2018/2019 diterima di berbagai Perguruan tinggi negeri, swasta hingga kedinasan.

“Alhamdullih lulusan kita diterima di 43 perguruan tinggi, swasta dan kedinasan yang tersebar di Indonesia,” kata Rosalina saat ditemui diruangannya. Kamis (21/11/2019).

Rosalina mengemukakan, dari laporan yang masuk, 313 lulusan itu diterima di 46 perguruan tinggi yang terbagi dalam PT Negeri, Swasta hingga kedinasan.

“Paling banyak itu di Universitas Indonesia ada 168, ITB ada 26, Institut Sepuluh November ada 12, Unpad ada 11, IPB ada 10 dan UB 10, yang pasti ada hampir di PT seluruh indonesia siswa-siswi SMA N 1 Depok ada tersebar,” katanya.

Rosalina merinci, Universitas Indonesia sebanyak 168 Siswa, Institut Teknologi Badung (ITB) Sebanyak 26, Institut Sepuluh November 12, Universitar Padjajaran 11, Institut Pertanian Bogor (IPB) 10, Universitas Brawijaya 1O, UPN “Veteran” Jakarta 11.

Kemudian, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 7, Politeknik Negeri Jakarta 6, Universitas Diponegoro 6, Universitas Gadjah Mada 5, Universitas Airlangga 4, Universitas Andalas 3, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 3, Universitas Indraprasta PGRI 2, Akademi Kepolisian 1.

Seterusnya, Bali International Flight Academy 1, Institut Teknologi Sumatera 1, Pradita Institute 1, Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung 1, STEI SEBI 1, STIE GICI 1, STIEI 1, Sulayman Demirel Universitesi 1, Telkom University 1, Universitas Gunadarma 1, Universitas Hasanuddin 1, Universitas Jember 1, Universitas Jenderal Soedirman 1.

Universitas Lampung 1, Universitas Negeri Yogyakarta 1, Universitas Padjajaran 1, Universitas Pancasila 1, Universitas Pendidikan Indonesia 1, Universitas Pertamina 1, Universitas Sebelas Maret 1, Universitas Singaperbangsa Karawang 1, Universitas Sriwijaya 1, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 1, Universitas Sumatera Utara 1, Universitas Udayana 1, UPN “Veteran” Jogyakarta 1.

“Semua siswa siswi kita yang terdata masuk perguruan tinggi itu semua melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur rapot, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau jalur ujian tulis, dan Ujian Mandiri (UM), serta seleksi kedinasan,” pungkasnya.