Kepala Disdik Kota Depok, Mohamad Thamrin saat mengikuti webinar 'Refleksi Pendidikan di Kota Depok Tahun 2021' bersama Lembaga Penggerak Pendidikan (LPP) Depok, kemarin (04/05/21). (Foto: Istimewa).

DepokNews – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 tidak hanya sekedar memperingati hari lahir Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara. Namun, imbuhnya, merupakan momentum untuk merefleksikan kembali langkah serta kebijakan yang telah dikerjakan bagi dunia pendidikan, khususnya di Kota Depok.

“Kalau kita lihat refleksi pendidikan selama satu tahun, di mana kita semua mengalami pandemi ini. Seluruh satuan pendidikan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR),” ujar Mohamad Thamrin saat mengikuti webinar ‘Refleksi Pendidikan di Kota Depok Tahun 2021’ bersama Lembaga Penggerak Pendidikan (LPP) Depok, kemarin (04/05/21).

Dikatakannya, pelaksanaan BDR tidak hanya melibatkan guru dan murid saja, melainkan peran orang tua siswa juga sangat dibutuhkan. Saat kondisi seperti ini, kata Thamrin, orang tua dituntut memiliki peran tambahan yaitu menjadi guru bagi anak-anaknya selama di rumah.

“Termasuk bagaimana kerja sama orang tua dengan guru, kerena  dengan kondisi PJJ tentunya orang tua menjadi guru mendampingi putra-putrinya saat di rumah,” jelasnya.

Thamrin menyebut, pihaknya telah melakukan sejumlah inovasi dan kegiatan dalam medukung BDR. Antara lain melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para tenaga pendidik dan kependidikan, serta meluncurkan kanal Youtube ‘Bersama Belajar Disdik Depok’ yang berisikan pengayaan pembalajaran selama Pandemi Covid-19.  

“Di dalamnya berisi materi pengayaan untuk BDR yang disampaikan oleh guru kami. Materi yang disampaikan bersifat pengayaan,” tandasnya.

Sumber : depok.go.id