Kenalkan Buku Pada Anak Sejak Dini

DepokNews — Memperkenalkan buku pada sejak dini akan membangun kebiasaan baik dalam mengembangkan pengetahuan dan mencari sumber informasi terpercaya. Terutama dalam melatih anak usia dini membaca buku juga menjadi langkah tepat agar anak siap dalam belajar membaca ketika kelak memasuki sekolah.Selain itu, kebiasaan membaca buku juga bermanfaat untuk membuat anak kaya kosa kata. Harapannya, anak pun jadi pandai dalam menulis dan membaca menggunakan bahasa yang baik.

Menurut studi University of Sussex membacakan buku juga bermanfaat untuk orangtua. Studi mengungkapkan, orangtua menjadi lebih penuh perhatian dan penyayang. Studi ini fokus pada sesi membaca yang dihadiri oleh 24 responden ibu dari Inggris yang memiliki anak usia tujuh hingga sembilan tahun.

Peneliti membagi responden menjadi dua kelompok, membaca buku konvensional dan membaca buku elektronik (ebook). Hal yang diperhatikan oleh peneliti adalah interaksi orangtua dan anak serta kemampuan anak dalam mendokumentasikan material buku yang mereka baca.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa efek membaca buku berfisik dan buku elektronik memberikan manfaat baik yang sama untuk anak-anak.

Namun, studi menemukan, orangtua dan anak yang membaca buku fisik memiliki hubungan lebih hangat dan tidak ragu menunjukkan rasa saling menyayangi, ketimbang pasangan orangtua anak yang membaca buku elektronik.

Nicola Yuill, seorang dosen senior yang terlibat dalam studi tersebut, mengatakan pasangan orangtua anak yang membaca buku fisik terlihat lebih terbuka dalam berkomunikasi dan mengekspresikan rasa kasih sayang.

“Hal tersebut tidak terlalu terlihat pada pasangan orangtua anak yang berada dalam kelompok membaca buku elektronik,” ujarnya.

Dirinya menyimpulkan bahwa manfaat membaca buku bersama dengan juga memberikan manfaat positif untuk orangtua.