Disadur oleh Resti Fauziah
Mahasiswa STEI SEBI

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus ialah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit yang ditimbulkan dari virus ini disebut COVID-19. Virus ini menyebabkan gangguan sistem pernapasan, pneumonia akut (infeksi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru), bahkan sampai kematian.

Jenis virus ini merupakan jenis virus baru yang menyerang manusia dan sangat menular. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Bukan hanya menyerang negara Cina saja, tetapi wilayah sekitarnya pun tertular virus ini terus merebak hingga ke benua Eropa. Kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan ini tidak hanya menyebabkan infeksi ringan (flu) namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Gejala pertama yang ditimbulkan olehh virus ini ialah penderitanya akan mengalami gejala flu layaknya flu biasa, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak hingga berdarah, sesak napas, dan sakit di bagian dada.

Namun, gejala umum dari seseorang yang terkena virus ini ada 3, yaitu:
Demam, batuk, dan sesak napas.

Penyebab coronavirus disebabkan oleh virus corona itu sendiri. Kebanyakan virus corona ini menyebar seperti virus lain pada umumnya, seperti:

Percikan air liur pengidap (batuk dan bersin) menyentuh tangan maupun wajah yang terkena infeksi virus tersebut menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona

Adapun cara efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah tertularnya virus corona ini, dilansir alodoker.com diantaranya:

Yang pertama, Anda harus mencuci tangan dengan benar. Cara ini adalah cara yang paling sederhana namun efektif untuk melakukan pencegahan tertularnya virus corona. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, dan cucilah dengan air yang mengalir usahakan memakai sabun dan diamkan selama kurang lebih 20 detik.

Yang kedua , menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka dapat mencegah tertularnya virus corona bukan hanya virus ini namun, dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh kita. Usahakan makan makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, serta makanan yang banyak mengandung protein seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Yang ketiga , hindari kontak langsung dengan hewan yang berpotensi akan menularkan coronavirus. Virus ini diduga kuat berasal dari kelelawar dan beberapa hewan reptil dan mamalia. Oleh karena itu, hindarilah kontak langsung dengan hewan-hewan tersebut.

sumber: https://www.alodokter.com/ketahui-cara-untuk-mencegah-penularan-virus-corona