Kemensos Launching E-Warong, Berharap Menjadi Solusi Atasi Perekonomian Warga Depok

Posted on 12 views

DepokNews- Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa meresmikan e-Warong atau warung gotong royong, di Balai Kota Depok, Senin (9/1/2017). Penerima e-warong sendiri adalah peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau penerima raskin.

Khofifah mengatakan jika kartu e-warong ini ajaib. Kartu ini bisa mencetak uang, jadi pemilik kartu akan menerima juga buku tabungan dan dapat menyimpan uang seperti biasa. Lalu, pemilik akan dikirim uang bulanan Rp 110 ribu yang dapat digunakan untuk membeli beras atau gula. Namun juga dapat digunakan sesuai kebutuhan, jadi tidak perlu diambil semua uang yang ada di tabungan.

“Misalkan kebutuhan hanya Rp100 ribu, tapi di tabungan Rp500 ribu ya jangan diambil semua,” jelas Khofifah.

Kartu e-warong lanjut Khofifah, adalah upaya pemerintah mencari solusi masalah ekonomi, sehingga memutus mata rantai kemiskinan. Khususnya pada anak agar mendapatkan pendidikan serta asupan yang bergizi. Sedangkan untuk orangtua bisa memberdayakan ekonomi lewat e-warong dan pemiliknya harus penerima PKH.

“Jadi penerima PKH bisa bermimpi punya e-warong,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Depok Mohammad Idris mengapresiasi kartu e-warong dari Kementrian Sosial. Menurutnya, ini adalah sarana membantu warga Depok untuk meningkatkan perekonomian.

“Apapun program pemerintah pusat untuk solusi perekonomian, pasti pemerintah daerah akan mendukung,” pungkasnya.(mia)