DepokNews–Kabar gembira bagi warga masyarakat yang menginginkan adanya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Depok. Pasalnya, tahun depan akan membangun gedung MAN di lahan di daerah Curug, Bojongsari. Hal itu dibenarkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok H. Asnawi. “Optimis tahun depan akan kita bangun gedung MAN di Curug. Memang ada kendala dalam pembangunannya,”ujarnya.

Menurutnya, salah satu syarat dibangunnya gedung MAN adalah adanya hibah tanah yang diberikan pada Kemenag. Pasalnya, secara anggaran pihaknya tidak memiliki dana untuk pembelian ataupun pembebasan lahan yang diperuntukkan pembangunan gedung. “Memang aturannya tidak ada anggaran dari Kemenag untuk pembelian lahan, bahkan Bappenas sendiri. Setelah kita komunikasi intens dengan Pemerintah Kota Depok akhirnya ada lahan kurang lebih seluas 3500 di Curug untuk tahap awal,”ujarnya sambil menceritakan disepakatinya lahan tersebut saat Tarawih Keliling.

Asnawi mengungkapkan, syarat utama pembangunan adalah adanya lahan dari Pemerintah Daerah atau hibah yang sertifikat tanahnya kemudian atas nama Kemenag. Setelah lahan tersedia, pihaknya bisa melanjutkan pembangunan. “Sebenarnya sejak Kepala Daerah sebelumya juga tidak bisa membangun karena terkendala aturan. Ya itu tadi, tidak ada anggaran Kemenag untuk beli lahan. Namun, Alhamdulillah kita optimis dengan kerjasama serta jalinan komunikasi pada Pemkot Depok saat ini tahun depan akan terwujud,”paparnya.

Menurutnya, saat ini fokus pembangunan pada gedung Madrasah Aliyah terlebih dulu. Pasalnya, berdasarkan kebutuhan dan banyaknya permintaan. “Saat ini pendidikan di Madrasah tidak bisa dianggap sebelah mata. Sebab, kualitas dan kemampuannya juga bersaing dengan sekolah umum lainnya. Bahkan, sejumlah prestasi yang diperoleh Madrasah Aliyah di Depok juga telah membawa nama baik di tingkat lokal maupun Nasional,”paparnya.