Kegiatan Pramuka Kota Depok (Istimewa)
DepokNews- Dewan Kerja Cabang Kwarcab Kota Depok, adakan kegiatan Kemah Dewan Penegak dan Pandega Kwarcab Kota Depok (KDPP), di Lapangan Bulak Gantung, Cinere, 27-29 Juli 2018. Dengan peserta Dewan Pramuka Penegak dan Pandega se-Kota Depok. Kegiatan ini merupakan salah satu Program Dewan Kerja Cabang Kota Depok yang tak boleh dilewatkan.
Ketua Pelaksana, Prastio Wibowo menjelaskan kegiatan ini akan menjadi salah satu langkah penyegaran Gerakan Pramuka khususnya di Lingkungan anggota muda dengan rentang usia 16-25 tahun.
Dalam Gerakan Pramuka terdapat beberapa wadah pembinaan dan satuan gerak diantaranya adalah Dewan Ambalan (DA) yang biasanya berada di tingkat sekolah, Dewan Racana (DR) berada di tingkat Perguruan Tinggi, Dewan Kerja Ranting (DKR) berada di tingkat Kecamatan, Dewan Kerja Cabang (DKC) berada di tingkat kota.
“Selain itu Gerakan Pramuka juga mempunyai hubungan kerja sama dengan beberapa Instansi Pemerintah dalam proses pembinaan sesuai minat dan bakat, yang biasa dikenal dengan Satuan Karya Pramuka (SAKA),” jelas Prastio, Jumat (20/7/2018).
Dalam hal ini, lanjut Prastio, SAKA juga memiliki Dewan Saka (DS) dimana DS juga memiliki peran serta fungsi sebagai penggerak sakanya. Di Kota Depok sampai saat ini sudah ada 6 saka yang aktif dilingkungan Kwarcab Kota Depok diantaranya adalah, Saka Dirgantara, Bakti Husada, Bhayangkara, Wira Kartika, Bahari serta  Wana Bakti, dan ada juga beberapa Saka yang aktif di Tingkat Kwarran (Kecamatan) Contohnya, Saka Bhayangkara Cimanggis, Bakti Husada Bojong Sari dan beberapa saka lainya. Untuk menjadi Dewan Pramuka bukanlah hal yang mudah, merupakan proses panjang yang harus dilalui sehingga terlantiklah menjadi Dewan Pramuka.
Dalam Kegiatan KDPP, DKC-DKR-DR-DA sampai DS akan mengikuti Rangkaian Perkemahan besar selama tiga hari dua malam ini mempunyai slogan, Independent-Humble-Confident.
Sementara itu, Penganggung Jawab Kegiatan, Rahmat Rizki menambahkan selama kegiatan berlangsung para peserta akan sama-sama bermusyarah. Dalam bentuk Mengkaji SK Kwartir Nasional nomor 214 tahun 2007 dan 005 tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Dewan Kerja agar Para Dewan Pramuka mempunyai pemahaman bersama dalam melaksanakan peran dan fungsinya selain itu peserta juga akan mendapatkan  materi seputar Kaderisasi, Entrepreneur, Digital Marketing, Technique Management and Strategic Leadership, serta mengangkat budaya lokal dengan nuansa internasional.
“Yang harapannya dengan kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi anggota muda untuk proses pembinaan diri sendiri dan masyarakat. Khususnya dalam membangun Kota Depok bukan hanya saat ini tapi juga dimasa yang akan datang kelak,” tukasnya.
Rahmat melanjutkan, DKC sebagai panitia pelaksana dalam hal ini mempunyai tagar #GuediKDPP, #RAIMUNAGUEDEPOK dan #GakPramukaGakKeren, yang mana mempunyai maksud agar untuk menyemarakan kegiatan-kegiatan Penegak dan Pandega di media sosial. Yang harapannya dapat terus memotivasi para Pramuka Penegak dan Pandega (Usia 16-25 tahun) dan memiliki kebanggan tersendiri sebagai anggota Gerakan Pramuka.
Dalam KDPP 2018 kali ini akan banyak sekali keseruan, diantaranya langsung terjun ke masyarakat dalam proses entrepreneur, mengundang sosok (Guest Star) yang diluar dugaan yang  dapat mewarnai keseruan dalam kegiatan, yang sampai saat ini DKC masih merahasiakan sosok tersebut serta para Dewan Pramuka dituntut untuk menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan warga perkemahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Giat ini juga mendapat dukungan penuh dari ketua kwarcab kota depok, Kak Nina Suzana, S. Sos, M. Si dan Komunitas Rumah berdaya Ayoo para Dewan Pramuka, para penentu kualitas generasi muda, kemajuan bangsa ada dipundak kita, jangan sampai ketinggalan dengan kegiatan keren dan menantang ini, siapkan diri rekan-rekan untuk menyonsong kesuksesan untuk masa yang akan datang, lewat kegiatan ini rekan-rekan dapat membuktikan seberapa pentingnya peran Dewan Pramuka sekarang, kini dan nanti.
“Info lebih lanjut stay on Instagram @dkc_kotadepok dan Dewan Kerja di Wilayahnya,” tutupnya.(mia)