Lurah Sawangan, Rahwana. (Istimewa)

DepokNews–Kelurahan Sawangan mempunyai enam RW Ramah Anak baru di awal November 2020. Dengan demikian, wilayah tersebut kini sudah memiliki total delapan RW Ramah Anak dari 11 RW yang ada.

“Enam RW yang baru terbentuk yaitu RW 01, 02, 03, 06, 09 dan 11,” tutur Lurah Sawangan, Rahwana kepada berita.depok.go.id, Kamis (05/11/20).

Dia menjelaskan, terbentuknya RW Ramah Anak sangat membantu kelurahan dalam menjalankan program dan kegiatan. Sebab, struktur kepengurusan melibatkan semua stakeholder, baik dari unsur sosial, budaya, pendidikan, keagamaan dan lainnya.

“Pengurus RW Ramah Anak sudah menyusun kegiatan dan aksi agar di RW tersebut dapat memenuhi hak anak,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Pengembangan KLA, Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Anis Ayu Wulandari menambahkan, di masa pandemi seperti saat ini, pemenuham klaster pendidikan sangat penting. Hal itu agar pelajaran dan ilmu tetap bisa diterima oleh anak-anak. 

“Namun, pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) muncul sejumlah persoalan. Salah satunya psikis anak yang mulai stres dengan PJJ,” katanya.

Lebih lanjut, ucapnya, dengan RW Ramah Anak persoalan tersebut dapat diselesaikan lewat lembaga-lembaga milik pemerintah. Seperti, Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) atau Unit Pelayanan Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA). 

“Semoga rencana aksi yang disusun oleh pengurus dapat diimplementasikan. Lalu dengan upaya yang dilakukan ke depan Kota Layak Anak akan terwujud di Depok,” pungkasnya

sumber: https://berita.depok.go.id/pemerintahan/kelurahan-sawangan-miliki-enam-rw-ramah-anak-baru-4614