Pelatihan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di aula Kelurahan Leuwinanggung. (Foto : Diskominfo).

DepokNews – Kelurahan Leuwinanggung menggelar pelatihan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) guna memenuhi ketersedian pangan berskala rumahan. Pelatihan tersebut dimulai dari tanggal 14-16 Juni 2021 di aula kantor Kelurahan Leuwinanggung.

Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasi Ekbang) Kelurahan Leuwinanggung, Mujahidin menuturkan, terdapat 45 peserta dari 14 RW yang ada di Lewinanggung. Yang terdiri dari perwakilan karang taruna, pengurus RW dan posyandu.

“Peserta diberikan sejumlah materi tentang pengelolaan dan pemeliharaan KRPL serta praktiknya dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok,” tuturnya, Rabu (16/06/21).

Ia menjelaskan, peserta diajarkan cara pembibitan tanaman sayur dikenalkan tentang media tanam. Selain itu, peserta juga mempraktikkan cara membuat pupuk dari limbah rumah tangga, seperti sisa sayuran dan nasi bekas. 

Lanjut dia, nantinya KRPL ini fokus dilakukan di pekarangan rumah, karena memang sebagian masyarakat di Leuwinanggung berprofesi sebagai petani. Pihaknya juga sudah menyediakan rak-rak beserta pupuk dan bibit untuk 14 RW di wilayahnya. 

“Ke depan kami akan membentuk Kelompok Tani (Poktan) di semua RW berdasarkan rekomendasi DKP3. Semoga dengan upaya tersebut bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, serta meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” pungkasnya. 

Sumber : depok.go.id