DepokNews- Mengejar tingkat partisipasi 77,5 persen di Pilkada Serentak 2020, KPU Kota Depok menggencarkan sosialisasi ke seluruh segmen masyarakat.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, lembaga penyelenggara Pemilu pimpinan Nana Shobarna mengadakan web-seminar (Webinar) kepada pemilih pemula dan pemilih milenial dengan mengusung tema ‘Milenial Hebat Pasti Memilih’.

Webinar menggunakan aplikasi Zoom meeting dan live streaming media sosial KPU Kota Depok ini, dibuka Pjs. Walikota Depok, Dedi Supandi menghadirkan narasumber Komisioner KPU RI, lham Saputra, Komisioner KPU Jawa Barat, Idham Holik, Ketua MGMP PPKn SMA Kota Depok/Guru SMA Negeri 1 Depok, Rosalinah) dan gurus SMA Negeri 3 Depok, Lely Ersastri, serta menghadirkan ribuan peserta

“Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-92, sengaja hari ini kami melaksanakan Webinar Sosialisasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Tahun 2020 bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMA se-Kota Depok. Kami ingin membangkitkan semangat pemilih milenial kita untuk tidak perlu ragu dan khawatir datang ke TPS, karena akan diterapkan protokol kesehatan,” tutur Nana.

Kegiatan ini, lanjut Nana, diikuti  siswa-siswi SMA/SMK sederajat terutama kelas XII yang merupakan representasi dari pemilih pemula yang ada di Kota Depok.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa KPU Kota Depok tetap berikhtiar memaksimalkan potensi untuk terus melakukan sosialisasi secara masif, walaupun kita di tengah pandemi covid-19 namun kita harus tetap berinovasi, salah satunya dengan kegiatan ini.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk upaya dan ikhtiar KPU Kota Depok dalam rangka meningkatkan tingkat partisipasi pemilih dalam perhelatan Pilkada 2020 di Kota Depok, KPU Kota Depok akan terus melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat termasuk kepada mereka pemilih pemula,” lanjut Nana.

Nana menegaskan, KPU Kota Depok berkomitmen untuk terus memberikan pemahaman serta tahapan Pilkada kepada masyarakat, apalagi mereka pemilih pemula yang baru pertama kali nyoblos. Selain menyampaikan tata cara pencoblosan kita juga menyampaikan penerapan protokol kesehatan dalam pemilihan nanti.

“KPU Kota Depok pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada MGMP PPKn Kota Depok atas terselenggaranya kegiatan ini, kami juga berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dalam waktu-waktu mendatang mengingat sudah semakin dekat hari pemilihan,” ujarnya.

Secara data, Nana menambahkan, lebih dari 50 persen pemilih milenial yang tercantum dalam daftar pemilih pada Pilkada tahun ini, karenanya KPU Depok ingin mengefektifkan kegiatan seperti ini sebagai sarana sosialisasi yang lebih masif kepada masyarakat.

“Kami sangat berharap peserta siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini kemudian dapat menyampaikan informasi tentang Pilkada kepada teman-temannya dan masyarakat secara umum, menyampaikan bahwa Pilkada akan dilaksanakan 9 Desember 2020, datanglah ke TPS dan jangan Golput,” pungkas Nana. (Mia)