Oleh : Watik Handayani, Guru Madrasah, tinggal di Cinere

Wabah pandemi global di seluruh dunia belum juga usai. Tak terkecuali di Indonesia yang juga terdampak covid19 dari akhir Desember 2019 hingga saat ini.

Sebagai umat Islam, pastinya kita akan mengambil hikmah dari kejadian ini . Disisi lain, wabah ini memberikan dampak yang berat bagi negeri ini. Antara lain semakin luasnya pekerja yang terkena PHK. Anehnya,justru ribuan narapidana di bebaskan sehingga berefek pada meningkatnya angka kriminalistas. Harga minyak dunia sedang anjlok tapi anehnya harga BBM di Indonesia tetap tinggi.Bahkan Indonesia juga sampai impor jamu besar-besaran , padahal di Indonesia bisa memproduksi sendiri.

Sudah sewajarnya di Bulan Ramadhan ini,yaitu bulan diturunkannya Al-Qur’an,kita kembali diingatkan oleh Allah SWT akan kekuatan Al-Qur’an. “Dia menurunkan para malaikat dengan (membawa) ruh (Al-Qur’an) dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, yaitu: “Peringatkanlah olehmu sekalian, bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku.” (QS. An-Nahl: 2)

Memang sudah saatnya bagi kita untuk menerima Al-Qur’an dengan segenap perasaan, pikiran dan kehendak kita dan tidak mengharap atau menggantungkan kekuatan lain di luar dari kekuatan firman-Nya. “Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Al-Hadid: 16).

Selama kita masih mengharap datangnya kekuatan lain, maka selama itu pula kita tidak akan meraih kehidupan yang mulia selain di bawah bimbingan dan naungan Al-Qur’an.