Anggota pramuka Kota depok, bersama Wali Kota Depok Mohammad Idris. (Foto : Istimewa)

DepokNews–Upaya mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) di Kota Depok, mendapat dukungan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Depok. Melalui kegiatan Pramuka, pembangunan karakter anak ditanamkan sejak dini agar anak tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab, mandiri dan disiplin.

“Kami mencoba bentuk karakter anak-anak melalui kegiatan, salah satunya yaitu, Saka Wanabakti yang berkaitan dengan kehutanan atau penghijauan menanamkan cinta lingkungan. Kemudian ada Saka Bakti Husada yang bergerak di bidang kesehatan, lalu Saka Bayangkara dengan melibatkan pihak kepolisian dan TNI setempat,” ujar Ketua Pramuka Kota Depok, Nina Suzana di Balai Kota, Kamis (29/06/18).

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, dalam Pramuka juga anggota diminta menyebarkan virus positif yang dapat menjadi motivasi bagi anak-anak lain. Sebab, kata Nina, kebanyakan remaja ingin menunjukkan jati diri, namun jika salah bergaul maka akan mengarah ke hal negatif.

“Jika anak-anak banyak mengisi dengan kegiatan yang benar, saya yakin tidak akan ada geng motor, maupun kegiatan lain yang meresahkan warga,” katanya.

Dirinya menambahkan, peran serta keluarga dan lingkungan sangat penting dalam mewujudkan KLA. Dengan begitu, ada keseimbangan antara pendidikan dan bimbingan keluarga yang didapatkan anak.

“Sudah saatnya seluruh masyarakat di Kota Depok bekerja sama, dalam mewujudkan KLA di Kota Depok,” ucapnya.

Sumber: depok.go.id