DepokNews–Serangkaian kegiatan Program kemitraan masyarakat (PKM) telah dilakukan oleh tim lolos hibah tahun 2019 pada kampus Universitas Bina Sarana Informatika. Kegiatan yang sudah dilakukan adalah seminar pemasaran produk, seminar aplikasi zahir, workshop marketplace dengan menggunakan website. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan income/pendapatan para UKM Hacord Gallery yang dimiliki oleh Bapak H. Acep Al Azhari selaku pemilik Hacord Gallery. Lokasi kegiatan PKM ini laksanakan di rumah makan Bakoel Samara, Nasi Liwet Peda yang beralamat Jalan Raya Parung Bingung, RT.1/RW.13, Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16434. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang di danai oleh direktorat riset dan pengabdian masyarakat, direktorat jenderal penguatan riset dan Pengembangan kementrian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi Republik Indonesia.

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Ibu Sunarti, M.Kom, dengan anggota Ibu Susan Rachmawati, SE, MMSI, Ibu Frisma Handayanna, M.Kom dan dibantu oleh dua mahasiswa yaitu Destiana Rosanti dan Arum Herlianti Fadhila. Kegiatan seminar dan workshop dimulai dari jam 14:00 sampai dengan jam 17:00 dengan peserta para UKM yang memasarkan produknya di Hacord Gallery.

Pembicara pada kegiatan seminar pemasaran produk diisi oleh Erna Suparna selaku owner thelitteboss.id. Dalam presentasinya Bapak Erna Suparna memaparkan mengenai Hacord Gallery mulai dari sejarahnya sampai dengan produk yang ada serta bagaimana Hacord Gallery memasarkan produknya. Untuk kegiatan workshop marketplace website untuk para UKM yang dipaparkan oleh Muhamad Rival Nursapei sebagai CEO & Founder Vanka Indonesia, menjelaskan tentang pengunaan web marketplace hacordgallery.com. Sedangkan kegiatan workshop tentang aplikasi akuntansi disampaikan oleh Bapak Adhi selaku bagian marketing dan pelatihan dari PT Zahir Internasional. Dimana seminar aplikasi akuntansi dalam hal ini zahir menjelaskan mengenai pembuatan pembukuan untuk laporan keuangan. Pembukuan merupakan salah satu hal yang penting selain pemasaran hal itu karena apabila penjualan baik tetapi pembukuannya kurang baik dapat menyebabkan cash flow Hacord Gallery terganggu dan berdampak perkembangan usaha menjadi lambat. Bapak Adhi juga menjelaskan bagaimana menginput data produk, konsumen, pegawai, transaksi melalui aplikasi zahir simply yang dalam pengaksesannya menggunakan handphone yang bisa di download di playstore. Pada zahir simply bisa digunakan sampai dengan pelaporan keuangan diantaranya laba/rugi usaha.

Minimnya pengetahuan peserta mengenai teknologi dan dalam kegiatan sehari-hari menjadi alasan para peserta menjadi semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Kami sebagai Tim PKM selalu melakukan monitoring, evaluasi dan sharing ilmu mengenai teknologi website kepada para UKM. Website ini merupakan sarana yang dapat dilakukan oleh Hacord Gallery dalam memasarkan produknya. Untuk menunjang dalam penerapan website maka para tim memberikan satu buat tab yang dapat digunakan sebagai sarana dalam mengaplikasikan website yang telah dibuatkan oleh tim lolos hibah. Dimana website ini berisi tentang marketplace pada umumnya diantaranya menu penjualan dimana konsumen dapat melakukan transaksi pembelian produk apa pun, dimana pun, kapan pun dan dengan nilai berapa pun tanpa melihat batasan waktu. Para peserta pada kegiatan ini sangat serius mendengarkan mengenai materi penggunaan marketplace website dan penggunaan zahir pada Hacord Gallery dan kemudian langsung mempraktekannya dengan menggunakan handphone yang sudah terkoneksi internet. Kegiatan ini membantu para UKM dalam pemasaran produk-produk lokal wilayah Depok dengan kemasan yang layak serta kualitas produk terbaik