Kegiatan 18-20 di RT 06 Tanah Baru Depok, Ajak Anak dan Orang Tua Matikan Gadget

Posted on 2 views

DepokNews- RT 06 RW 04 Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji, miliki kegiatab 18-20. Yakni kegiatan pada jam 18.00 WIB sampai jam 20.00 WIB, dimana para warga baik anak juga orang tua menonaktifkan gadget dan televisi.

Ketua RT 06 Fajar Martiono mengatakan, jika pada dua jam tersebut harus menjadi waktu berkumpulnya keluarga dirumah dan diisi dengan kegiatan orang tua dan anak di tiap keluarga.

“Dapat diisi dengan mengajarkan anak pelajaran sekolah, mengaji atau hanya mengobrol, intinya dari pukul 18 sampai 20 ini adalah waktu orangtua untuk anaknya,” terangnya.

Dirinya menambahkan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan kurang lebih setahun dan dimaksudkan untuk makin mempererat komunikasi antara anak dan orang tua. Dengan begitu keharmonisan keluarga di RT  ini dapat terus terjalin dengan baik, sehingga diharapkan anak-anak terus bisa terpantau dan tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

“Kami ingin tiap keluarga selalu memiliki quality time, jangan sampai komunikasi di tiap keluarga berjalan tidak baik,” tambahnya.

Selain 18-20 itu, ada beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan di RT yang dihuni oleh 45 KK ini antara lain adalah Seminar Parenting dan Launching RT Ramah Anak oleh Ust.Bendri Jaisyurahman, Malam Bina Iman dan Taqwa untuk anak anak, Ar-Royyan Kids Night Gathering atau Pementasan Drama Para Penjaga Wahyu Allah, dongen Islami, dan nobar Film Islami.

“Untuk dongen anak sebulan sekali dilaksanakan dan kami juga memiliki vokal grup anak-anak yang diiringi oleh alat musik dari barang bekas,” jelasnya.

Fajar berharap kegiatan yang dilaksanakan di wilayahnya ini bisa diikuti oleh RT lain di kelurahannya atau bahkan di kelurahan lain. Dengan begitu semua wilayah memiliki RT ramah anak sehingga bisa menjadikan Kota Depok menjadi Kota Layak Anak.

“Inginnya semua wilayah juga memiliki RT ramah anak, sehingga kita bisa menjadi wilayah yang nyaman bagi anak karena kalau berpanjangan jauh kedepan, merekalah penerua bangsa ini,”pungkasnya.(mia)