Kecamatan Cimanggis Jadi Pilot Project Germas di Depok

Posted on

DepokNews- Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat. Melalui program keluarga sehat dengan melaksanakan pendataan dan pemetaan kesehatan, gencar dilakukan Pemkot Kota Depok. Uji coba di Kecamatan Cimanggis dilakukan, dan akan menjadi pilot projek kegiatan di Depok.

“Ini adalah program nasional dan Depok mendapatkan ujicoba di dua titik di kecamatan Cimanggis,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanti Lies.

Lies mengatakan bahwa akan ada tim yang terdiri dari lima orang terdiri dari dokter, perawat, bidan, petugas kesehatan keliling dan petugas promosi kesehatan. Nantinya mereka akan mengunjungi keluarga di titik wilayah eraebut dan melakukan pendataan menngenai kesehatan masyarakat disana.

“Dari data tersebut maka akan dibuat pemetaan kesehatan atau penyakit apa yang ada di satu wilayah,” ungkapnya.

Adapun point-point yang akan didata diantara lain adalah nama, umur,berat badan, tinggi badan dan sebagainy. Point tersebut dilakukan di setiap keluarga, sehingga misal ada data yang menderita TBC, Diabates atau penyakit lainnya penanganannya akan dilakukan secara komprehensif.

“Misal dari 4 ribu warga ternyata yang banyak penyakitnya adalah penyakit A, lalu akan dievaluasi penyebabnya dan juga dilakukan pencegahannya,” paparnya.

Dirinya mengatakan bahwa program ini kemungkinan akan mulai berjalan sekitar bulan juni. “Diharapkan program ini bisa berjalan di Cimanggis, sehingga bisa diluaskan ke wilayah lainnya,” tukasnya.(mia)