Kecamatan Cilodong Depok Punya Posyandu Remaja

Posted on

DepokNews — Untuk menciptakan SDM yang unggul sesuai salah satu visi Kota Depok, aspek psikologis remaja juga menjadi perhatian Puskesmas (PKM) Kecamatan Cilodong. Dengan dibentuknya Posyandu Remaja, anak-anak yang dalam masa transisi usia itu dibantu dalam menyelesaikan permasalahan remajanya sehari-hari, seperti yang dilansir depok.go.id

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) PKM Cilodong, Rr Ambar Hardiani Widjajanti menuturkan, dibuatnya Posyandu Remaja, karena saat ini remaja sudah minim berkunjung ke Puskesmas untuk konsultasi mengenai permasalahan yang dihadapi. Padahal, Puskesmas juga melayani konseling bagi remaja dengan berbagai persoalan sosial yang melekat pada dirinya.

“Saat ini kunjungan di Puskesmas masih nol, tetapi permasalahan masyarakat terus meningkat. Maka kami membentuk Posyandu Remaja di berbagai wilayah di Kecamatan Cilodong,” tuturnya saat ditemui pada acara launching dan pembekalan Posyandu Remaja di PKM Cilodong, Selasa (28/03/2017).

Dirinya menambahkan, Posyandu Remaja sendiri merupakan perpanjangan dari program Puskesmas yaitu, Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Sedangkan aktivitas di Posyandu Remaja, diisi oleh para kader dari kalangan remaja yang telah dibekali sejumlah pelatihan.

Dengan kader tersebut, nantinya dharapkan para remaja dapat lebih terbuka dalam menceritakan berbagai permasalahan yang dihadapi. Diharapkan secara perlahan, masalah sosial remaja di masyarakat dapat teratasi dengan baik.

“Remaja cenderung enggan untuk berkonsultasi dengan kader ibu-ibu, maka kami bentuk kader remaja dengan usia sebayanya, agar lebih terbuka saat bercerita sehingga permasalahan kesehatan remaja dapat dideteksi lebih awal dan dapat diselesaikan dengan baik. Tentunya tetap dengan bimbingan dan pengawasan dari kami,” pungkasnya.