Anak-anak (Ilustrasi)

DepokNews- Kehadiran Kelompok Kegiatan (Poktan) yang terdiri dari Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Remaja (BKR), sangat penting dalam meningkatkan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang anak dan remaja. BKB dan BKR yang ada di posyandu, bisa menjadi sarana pembelajaran bagi para orang tua untuk mengasuk anak.

Kepala Seksi Ketahanan Keluarga Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nur Impita mengatakan, dalam BKB orangtua akan diajarkan bagaimana membina tumbuh dan kembang balita secara terarah.

Sedangkan, untuk orang tua yang memiliki remaja, sarana pembelajaran yang tepat ada di dalam Poktan BKR. Orangtua harus memiliki ilmu dalam menghadapi anaknya yang menginjak remaja. 
“Pasalnya, remaja merupakan masa peralihan dari anak ke usia dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi masa depan selanjutnya,” jelasnya.

Butuh pembinaan yang intensif bagi para remaja agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas seperti narkotika dan HIV/AIDS maka wadahnya bisa melalui BKR.
“Karena itu BKR hadir untuk memberikan beragam informasi mengenai lingkungan dan tumbuh kembang anak,” tandasnya.(mia)